Cek Kesehatan JCH, Wawako Jambi Minta Jemaah Terbuka Soal Penyakit Diderita

Cek Kesehatan JCH, Wawako Jambi Minta Jemaah Terbuka Soal Penyakit Diderita

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Wakil Walikota (Wawako) Jambi Maulana membuka tahap kedua pemeriksaan kesehatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Jambi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Jambi, Kota Baru, Kamis (18/4/2019).

 

Kepala Dinas Kesehatan dr Ida Yulianti dalam sambutannya mengatakan pemeriksaan tahap kedua ini adalah penyuntikan vaksin menginitis kepada 622 orang.

 

Kepada jemaah calon haji, Maulana berpesan agar tetap dan terus menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci.

 

"Sebelum berangkat kami mengharapkan agar kegiatan ini bisa berjalan lancar, karena sebelumnya ada dua orang yang sudah dinyatakan tidak Istitoah yaitu memiliki penyakit kronik yang berat dan penyakit infeksi yang bisa menularkan,"  ujar Maulana usai acara.

 

Maulana juga berpesan kepada jemaah calon haji, agar bisa kooperatif dan terbuka dengan riwayat penyakitnya. Juga diberikan saran-saran untuk senantiasa menjaga kesehatan dan latihan fisik, misalnya olahraga.

 

Pemerintah Kota Jambi dalam hal ini Wakil Walikota Jambi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi yang sudah melaksanakan tahapan ini sesuai dengan waktu dan jadwalnya, beserta seluruh jajaran Dinas Kesehatan teman-teman sejawat para dokter Puskesmas.

 

"Apapun penyakitnya tolong disampaikan, supaya dicatat. Tidak ada orang yang tidak punya penyakit, tapi itu bukan menyebabkan tidak layak. Itu ada kriteria, misal gagal ginjal dan kanker stadium 4," katanya.

 

"Tapi kalau cuma darah tinggi, kencing manis, kolesterol masih bisa, yang penting disampaikan sehingga di buku haji itu nanti ditulis sakitnya apa dan obat yang mau dibawa apa, serta bagaimana cara mengkonsumsi obatnya."

 

"Nanti akan dijelaskan sama dokter yang memeriksa, jadi harus terbuka jangan sampai enggak disebutkan penyakitnya," pinta Maulana saat membuka acara di hadapan JCH kota Jambi. (red)

 

Reporter : Dewi Yana Safitri