Data Penumpang Dikabarkan Bocor, Begini Kata Lion Air

Data Penumpang Dikabarkan Bocor, Begini Kata Lion Air
Lion Air. (Ist)

 


BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Data penumpang Lion Air dikabarkan bocor di sebuah forum online. Pihak Lion Air belum bisa memastikan kebenaran hal tersebut. 

Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya sedang melakukan pengecekan informasi tersebut.

"Saya harus cek terlebih dahulu, kami juga sedang melakukan pengecekan," kata Danang saat dihubungi, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Danang mengaku belum bisa memberikan informasi lebih lanjut ih terkait dengan informasi bocornya data penumpang dua maskapai yang dikelola oleh Lion Air Grup ini. Pihaknya tetap akan melakukan pengecekan fakta terlebih dahulu.

Jika sudah rampung, Danang mengaku akan menyampaikan informasi tersebut. 

"Ya kami sedang melakukan cek, jadi saya belum bisa memberikan keterangan lebih detil dulu, nanti kalau ada perkembangan, saya melakukan cek dulu, sementara itu dulu," tegas dia seperti dilansir detikcom.

Sebelumnya diberitakan, diperkirakan sebanyak puluhan juta data pelanggan dari dua maskapai penerbangan yang dikelola Lion Air telah bocor di sebuah forum online dalam sebulan terakhir.

Mengutip laman, blog teknologi BleepingComputer, data yang yang bocor terdiri dari informasi kartu penduduk atau KTP penumpang, alamat, nomor telpon, email hingga nomor paspor.

Data-data tersebut diakses dari sebuah penyimpanan virtual Amazone Web Service yang dibuka via web.

Data yang bocor terbagi dalam dua database, pertama berisi 21 juta data, dan database lainnya berisi 14 juta data yang tersimpan dalam file backup yang dibuat pada Mei 2019 untuk Malindo Air dan Thai Lion Air. (RED)