DUH! Satu Kamar di Lapas Bangko Harus Dihuni Puluhan Orang

DUH! Satu Kamar di Lapas Bangko Harus Dihuni Puluhan Orang
Penghuni lapas Bangko. (Rhizki/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Ratusan Narapidana serta Tahanan di Lapas Klas II B Bangko, saat ini terpaksa berdesak-desakan di dalam tahanan. Pasalnya, saat ini Lapas Klas II B Bangko over kapasitas hingga 100 persen.

Informasi yang dihimpun Lapas Klas II B Bangko saat ini dihuni sebanyak 345 narapidana maupun tahanan, padahal kapasitas Lapas hanya 150 orang.

Kepala Lapas Klass II B Bangko, Suroto, yang dikonfirmasi BRITO.ID mengatakan untuk saat ini, narapidana maupun tahanan titipan, terpaksa berbagi kamar, bahkan ada satu kamar yang diisi hingga 30 orang.

“Ya seperti inilah kondisinya, seharusnya Lapas kita kapasitasnya 150 orang, tetapi saat ini penghuninya mencapai 345 orang,” ungkap Kalapas.

Disebutkannya, meskipun saat ini Lapas telah mendapat hibah tanah dari Pemkab Merangin, namun untuk proses pembangunan pihaknya masih menunggu dari Dirjen Lapas Kemenkumham RI.

“Apalagi sekarang Dirjen Lapas masih berkonsentrasi untuk membangun Lapas Anak dan Narkoba,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya berupaya menitip Narapidana ke Lapas tetangga seperti di Sarolangun maupun Tebo.

“Upaya kita menitip Narapidana kita ke Sarolangun ataupun Tebo, karena disana masih bisa menampung,” katanya. (RED)

Kontributor : Rhizki Okfiandi