FPI Jambi Sweeping Cafe yang Jual Alkohol di Bulan Ramadhan

FPI Jambi Sweeping Cafe yang Jual Alkohol di Bulan Ramadhan

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sebelumnya Kapolda Jambi mengimbau bagi organisasi masyarakat (Ormas) agar tidak melakukan sweeping selama bulan Ramadhan. Namun Front Pembela Islam (FPI) di Jambi tetap menggelar sweeping.

Jum'at (10/5/2019) malam sekira pukul 22.30 WIB, puluhan pemuda yang mengatasnamakan FPI menggelar sweping ke sejumlah tempat yang diduga melakukan penjualan minuman beralkohol (Minol) di Kota Jambi.

FPI mendatangi tiga tempat yakni Resto Perahu Nelayan di kawasan Kecamatan Jambi Timur, Cafe Clasico di bilangan Pasar Kota Jambi dan Cafe & Resto Quovadees di wilayah Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung.

Wakil Laskar FPI Kota Jambi, Ari mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakannya adalah rutinitas monitoring menjaga kesucian bulan ramadhan. Kata dia berdasarkan peraturan Walikota Jambi yang telah dikeluarkan menjelang bulan suci ramadhan, cafe-cafe yang menjual minuman keras untuk menghentikan operasionalnya.

"Namun pada kenyataannya kami masih menemukan sejumlah cafe maupun resto yang menjual minuman keras masih beroperasional," ujarnya.

Ketika ditanya terkait larangan bagi ormas untuk melakukan sweeping di bulan suci ramadhan, Ari mengatakan FPI selaku ormas memiliki legitimasi kontrol sosial. "Kita FPI bergerak selalu koordinasi," tegasnya. (red)

Reporter: Deni S