Heboh! Mulan dan Ahmad Dhani Disebut Tak Karantina Usai Pergi ke Turki, Polisi: Pejabat Negara Khusus boleh Karantina di Rumah

Polda Metro Jaya menanggapi kabar Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela yang diduga tidak menjalankan karantina usai bepergian dari luar negeri. Mulan Jameela diketahui ke Turki dalam rangka kunjungan kerja Komisi VII DPR. Kombes Pol Endra Zulpan saat dimintai keterangan pada hari ini, Senin (13/12) menegaskan bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan Ahmad Dhani dan istrinya.

Heboh! Mulan dan Ahmad Dhani Disebut Tak Karantina Usai Pergi ke Turki, Polisi: Pejabat Negara Khusus boleh Karantina di Rumah
Ahmad Dhani dan Mulan Jameela (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Polda Metro Jaya menanggapi kabar Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela yang diduga tidak menjalankan karantina usai bepergian dari luar negeri. Mulan Jameela diketahui ke Turki dalam rangka kunjungan kerja Komisi VII DPR.

Kombes Pol Endra Zulpan saat dimintai keterangan pada hari ini, Senin (13/12) menegaskan bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan Ahmad Dhani dan istrinya.

"Memang ada kekhususan di situ, yaitu karantina bisa dilakukan di Wisma Atlet, hotel atau rumah. Karantina di rumah ini hanya dilakukan pejabat negara karena Ahmad Dhani ini, istrinya adalah anggota DPR RI ini masuk kategori yang mendapat kekhususan karantina di rumah," jelas Kombes Pol Endran Zulpan.

Pihak kepolisian pun menekankan bahwa meski melakukan karantina di rumah, namun tetap dalam pantauan Satgas Covid-19.

"Namun dalam kekarantinaan itu tetap dipantau Satgas Covid-19. Ada ketentuan yang mengatur kekhususan itu dan itu sudah kita komunikasikan dengan Satgas Covid-19 bahwa hal itu memang dibenarkan," tambahnya

Polda Metro Jaya juga angkat bicara soal dugaan adanya pelanggaran pidana dari tindakan karantina yang dilakukan Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan keluarganya sepulang dari Turki. Polisi menilai hingga saat ini proses karantina yang dilakukan oleh Ahmad Dhani dan keluarga sesuai prosedur.

"Terkait adanya surat edaran dari Satgas COVID bahwa di dalam edaran itu ada kekhususan terhadap pejabat negara memang ada kekhususan bisa dilakukan di Wisma Atlet ataupun di rumah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Menurut Zulpan, mengacu status kepada istri dari Ahmad Dhani yang merupakan anggota DPR, maka ketentuan keluarga musisi itu untuk melakukan karantina di rumah seusai kembali dari luar negeri dibenarkan secara aturan.

"Karantina di rumah hanya diberikan kepada pejabat negara. Karena Ahmad Dhani, istrinya adalah anggota DPR RI ini termasuk kategori yang dapat kekhususan karantina di rumah sehingga dengan itu dilaksanakan karantina di rumah," terang Zulpan.

Atas dasar itu, Zulpan menilai hingga saat ini belum ada pelanggaran prosedur dalam proses karantina Ahmad Dhani dan keluarganya.

"Ya memang ketentuannya begitu ya dari Satgas COVID nomor 39 itu dibenarkan pejabat negara ini ada kekhususan. Ini menjadi tanggung jawab Satgas COVID," tutur Zulpan.

Sebelumnya, Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta angkat bicara terkait kabar Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela beserta anak-anaknya tak karantina sepulang dari Turki. Satgas menyebut bahwa Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI mendapat rekomendasi dari BNPB untuk bisa karantina di rumah.


"Kalau itu di surat karantina dari BNPB nomornya lupa saya yang saya approve tanggal 5 (Desember) itu disebutkan bahwa ibu Raden Wulan Sari atau ibu Mulan Jameela itu sebagai anggota DPR RI memang dapat karantina mandiri di rumah di Pondok Indah, Jakarta Selatan," kata Komandan Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiyono, kepada wartawan, hari ini.

"Yang saya baca rekomendasi dari BNPB di situ memang disebutkan ibu Mulan Jameela dan keluarganya," tambahnya.


Agus menyebut sebelum keberangkatan ke luar negeri, Mulan Jameela memang sudah diajukan untuk karantina di rumah ketika nanti tiba lagi di Tanah Air. Menurutnya, hal itu juga berlaku untuk anggota DPR lainnya.

"Udah tahu tidak Mulan Jameela aja, semua anggota DPR yang dapat rekomendasi ya sudah tahu. Kan sebelum keberangkatan sudah diajukan di BNPB," ucapnya.

Seperti diketahui, isu Ahmad Dhani dan keluarga tak menjalani karantina ramai karena unggahan Adam Deni. Inti dari unggahan Adam Deni adalah ada seorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember.

Dia kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember, namun dia mengaku mendapat informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 9 Desember 2021.

Adam Deni, yang mengunggah tangkapan layar cerita seorang netizen kepadanya ini, bertanya apakah Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina. Pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, memberi klarifikasi saat dihubungi, Minggu (12/12).

"Klarifikasi terkait adanya berita Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tidak karantina," kata Ali Lubis.

Ada dua poin pernyataan Ali Lubis. Ali Lubis menyebut Ahmad Dhani dan keluarga sudah menjalani karantina.

"Berdasarkan informasi yang saya terima langsung satu, bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan Karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata Ali Lubis.

"Dua, secara mereka sekeluarga tidak ke mana-mana dan justru melakukan karantina sesuai ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Sumber: detikcom
Editor: Ari