Kabut Asap Mengancam Kesehatan Anak Jambi

Kabut Asap Mengancam Kesehatan Anak Jambi
Kabut asap mulai mengancam kesehatan anak Jambi. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merebak ke pelosok Provinsi Jambi.  

Dikota Jambi sendiri meski DLH mengatakan udara di Kota Jambi kategori sedang dan aman, namun orang tua saat ini banyak mengeluh terkait kesehatan anak. 

Salah satu warga Mayang, Kota Jambi, Kecamatan Kota Baru, Irni dan Angga lebih membatasi anak- anaknya untuk aktifitas di luar rumah. 

Ditambah sudah sepekan ini anaknya yang masih usia 3 bulan dan 5 tahun mengalamu filek batuk yang disertai sakit tenggorokan.  

"Anak saya yang pertama kan 5 tahun TK sekolahnya pagi, nah rentan kabut asap itu kalau tidak pagi, sore. Awalnya saya tidak begitu menghiraukan untuk menggunakan masker jika keluar rumah. Nah setelah dokter memperingati karena anak saya itu batuknya disertai radang, selain menjaga makanan juga disuruh menggunakan masker dan mengurangi aktifitas diluar rumah selain, sekolah," jelasnya. 

Kata Irni, jika keluar rumah saat sekolah anaknya juga menggunakan masker, untuk menghindari bertambahnya sesak dan radang tenggorokan.

Menurutnya saat ini udara memang tak baik untuk anak. "Jangankan untuk keluar rumah untuk duduk diteras rumah saja tak saya perbolehkan aktifitas anak - anak lebih saya fokuskan kerumah," tegasnya. (RED)

Reporter : Dewi Anita