Ngeri! 39 Turis Terjebak Badai Salju 9 Jam di Islandia

Ngeri! 39 Turis Terjebak Badai Salju 9 Jam di Islandia
Istimewa

BRITO.ID, BERITA REYKJAVIK - Sekelompok turis terjebak badai salju hebat di Islandia. Mereka hanya bisa berdiam di mobil dan menahan kedinginan sampai 9 jam!

Dirangkum detikcom dari berbagai media lokal Islandia, Jumat (10/1/2020), peristiwa itu terjadi di dekat Langjokull. Kawasan gletser yang terkenal di Islandia, berada di bagian utara negaranya.

Ceritanya, 39 turis melakukan kunjungan ke sana bersama operator tur Mountaineers of Iceland. Cuaca sudah diprediksi buruk, namun belum ada larangan atau imbauan dari pemerintah.

Nahas, sekitar pukul 13.00 siang, terjadi badai salju hebat. Para turis langsung diamankan masuk kembali ke mobil.

Parahnya, mobil-mobil tersebut pun sampai terendam salju!

Turis-turis yang ada di dalam mobil semakin kedinginan. Badai salju tidak berhenti-henti, diperparah dengan stok makanan dan minuman yang menipis.

Barulah sekitar pukul 21.00 malam alias setelah 9 jam, tim penyelamat Icelandic Association for Search and Rescue bisa mengevakuasi 39 turis tersebut. Tim penyelamat mengaku, mereka kesulitan mencari mobil-mobilnya.

"Cuaca sangat ekstrem, kami menjadi 'buta'. Tapi kami terus mencari, syukurnya semua dalam keadaan baik," kata Kari Rafn Thorbjornsson, salah satu anggota Icelandic Association for Search and Rescue.

Turis-turis yang kebanyakan berasal dari AS langsung diberi perawatan. Cuaca di Islandia beberapa waktu ini memang cukup ekstrem dengan badai salju yang cukup kencang.

Sumber detikcom
Editor: Ari