Sebaran Corona di Muarojambi 16 Oktober 2020, 4 Kecamatan Ini Masuk Zona Oranye

Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Muarojambi merilis data terbaru perkembangan dan penyebaran Covid-19 di Muarojambi.

Sebaran Corona di Muarojambi 16 Oktober 2020, 4 Kecamatan Ini Masuk Zona Oranye
Sebaran Corona Kabupaten Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Muarojambi merilis data terbaru perkembangan dan penyebaran Covid-19 di Muarojambi. 

Secara global, berdasarkan pemetaan provinsi, Kabupaten Muarojambi termasuk ke dalam zona oranye alias zona dengan resiko sedang. 

Plt Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi Firdaus, sekaligus Jubir tim satgas mengungkap, bahwa saat ini ada 130 orang terkonfirmasi positif COVID-19 secara kumulatif di Muarojambi. Dari jumlah tersebut, berdasarkan pemetaan, jumlah kasus terbanyak masih berada di Kecamatan Sekernan. 

Dari pemetaan yang dilakukan, jumlah kecamatan di  Muarojambi  yang terklasifikasi masuk zona oranye bertambah menjadi 4 dari sebelum nya 3 kecamatan. Sebelumnya, 3 kecamatan yang masuk zona oranye yakni Kecamatan Sekernan, Kumpeh Ulu dan Marosebo pertanggal 16 Oktober pukul 12.00 WIB. 

"Saat ini ada 4 kecamatan yang masuk zona oranye. Sekernan, Marosebo, Kumpeh Ulu dan Mestong," kata Firdaus Jum'at (16/10/20).

Di empat kecamatan tersebut, kasus corona mencapai dua digit angka. Kecamatan dengan angka positif terbanyak kasus Corona yakni Kecamatan Sekernan.

"Di Sekernan ada 42 kasus konfirmasi, di Kumpeh Ulu ada 19 kasus. Selanjutnya di Kecamatan Mestong ada 11 kasus dan di Marosebo 10 kasus positif," terang dia.

Dari 11 Kecamatan tersebut, 2 kecamatan masih zona hijau yakni Kecamatan Bahar Utara dan Bahar Selatan. Sedangkan 5 kecamatan lain masih zona kuning alias zona dengan resiko rendah.

"Data ini tentu bakal berubah jika terjadi penambahan kasus konfirmasi yang akan di-update oleh tim satgas Provinsi setiap sorenya pukul 17.00 WIB. Saat ini jumlah spesimen yang masih menunggu hasil ada 278 spesimen," kata Firdaus.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, Firdaus mengajak semua masyarakat Muarojambi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 3M adalah salah cara efektif untuk menekan penyebaran virus ini.

"Jangan lupa selalu lakukan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran COVID-19," pungkas Firdaus.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi