Usai Lebaran, 65 Desa di Muarojambi Bakal Pilih Kades Baru

Usai Lebaran, 65 Desa di Muarojambi Bakal Pilih Kades Baru

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Proses Pemilu serentak telah rampung. Usai pelaksanaan Pemilu, Kabupaten Muarojambi kembali akan menggelar pesta demokrasi. Bukan pemilihan kepala daerah, namun di Bumi Sailun Salimbai akan menggelar hajatan Pemilihan Kepala Desa serentak.

 

“Insya Allah Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada 11 November 2019 mendatang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muarojambi Raden Najmi, Kamis (30/5/19).

 

Diterangkan Najmi, setidaknya ada 65 desa yang akan menggelar Pilkades serentak. Jumlah tersebut tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Muarojambi.

 

"Ada 65 desa pilkades. Yang paling banyak itu di Kecamatan Jaluko dan Kumpeh Ulu, yang sedikit di Kumpeh hanya satu desa,” terangnya.

 

Tahapan pilkades ini akan dimulai nanti setelah lebaran idul fitri. Sebagai tahapan awal, Pemkab melalui Dinas PMD akan membentuk panitia pemilihan kabupaten.

 

"Setelah pembentukan Panitia Kabupaten selanjutnya akan bersosialisasi ke kecamatan. BPD dan para Pjs Kades akan kita panggil. Selanjutnya melaksanakan persiapan pembentukan panitia tingkat kecamatan dan desa," paparnya.

 

Najmi mengatakan, untuk pelaksanaan pilkades di Muarojambi masih akan menggunakan metode manual. “Masih manual menggunakan kertas suara bukan e-voting," pungkasnya. (red)

 

Kontributor : Romi R