Sepi Peminat, Tiga Kali Diperpanjang, Pelamar BAZNAS Sarolangun Hanya 8 Orang

Seleksi calon pimpinan BAZNAS Kabupaten Sarolangun saat ini telah dilaksanakan oleh tim seleksi, sebanyak 8 orang peserta diketahui mendaftarkan diri.

Sepi Peminat, Tiga Kali Diperpanjang, Pelamar BAZNAS Sarolangun Hanya 8 Orang
Kabag Kesra Sarolangun Puady (ist)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN - Seleksi calon pimpinan BAZNAS Kabupaten Sarolangun saat ini telah dilaksanakan oleh tim seleksi, sebanyak 8 orang peserta diketahui mendaftarkan diri.

"Alhamdulillah kemarin kita sudah melaksanakan proses seleksi pimpinan BAZNAS periode 2020-2025, diikuti sebanyak 8 orang peserta," kata Kabag Kesra Sarolangun Puady,(7/7/2020)

Puady mengatakan, Jumlah pelamar calon pimpinan BAZNAS Sarolangun ini, katanya sebenarnya masih belum mencukupi. Namun karena sudah tiga kali perpanjangan waktu pendaftaran dan hanya 8 orang yang mendaftar, sehingga tahapan seleksi tetap dilanjutkan. 

"Kita sudah memperpanjang pendaftaran sebanyak 3 kali, untuk menjaring minimal 10 orang peserta, namun sampai pada waktu yang ditentukan yang mendaftar hanya 8 orang dan setelah kesepakatan tim, dan minta pendapat dari BAZNAS provinsi dan pusat, dibolehkan 8 orang itu untuk mengikuti tahapan rekrutmen calon pimpinan BAZNAS, "katanya. 

Tahapan seleksi tersebut meliputi mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara. Katanya, dalam seleksi tersebut bertujuan untuk mendalami terkait wawasan dan komitmen calon pimpinan untuk bisa memajukan BAZNAS Kabupaten Sarolangun kedepannya. 

"Nanti kita lihat penilaian berapa skor dan akan dikirim baik ke Provinsi maupun ke BAZNAS pusat," katanya. 

Jika tidak ada aral melintang, penetapan pimpinan BAZNAS Kabupaten Sarolangun akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang. Sebab, setelah hasil seleksi kedelapan peserta dikirim ke BAZNAS pusat, maka BAZNAS pusat sebelum memberikan rekomendasi, akan terlebih dahulu melakukan tes wawancara secara virtual atau online. 

"Nanti juga akan ada wawancara secara virtual antara peserta bersama BAZNAS pusat terhadap komitmen mereka dalam seleksi calon pimpinan BAZNAS sarolangun. Secepatnya akan kami akan kirim dan bukan agustus nanti sudah final, karena priode sebelumnya akan berakhir pada bulan agustus mendatang, "katanya.

Menariknya, dari 8 orang calon pimpinan baznas Kabupaten Sarolangun, tiga orang diantaranya merupakan pimpinan BAZNAS Sarolangun priode 2015-2020 salah satunya Ketua BAZNAS Sarolangun saat ini dan empat orang lainnya merupakan pejabat Pemkab sarolangun yang sudah pensiun dan ada juga mantan Kemenag Sarolangun serta dari kalangan akademisi

"Pimpinan BAZNAS yang lama ada tiga orang ikut, mayoritas semuanya layak dan nantinya tentu menentukan kemampuan dari peserta masing-masing, dan dinilai tim baznas pusat, provinsi dan kabupaten sarolangun," katanya. 

Ia berharap kedepan terpilih pimpinan BAZNAS yang benar-benar kompeten dibidangnya, mampu bekerja keras, jujur, serta dapat bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam melaksanakan kegiatan peningkatan ekonomi kerakyatan. 

"Karena potensi BAZNAS ini sangat luar biasa bila dikelola secara maksimal, dengan sdm yang ada, sosialisasi, dan membuat terobosan baru agar baznas Sarolangun berkembang kedepannya," katanya

Penulis: Arfandi S
Editor: Rhizki Okfiandi