Sesalkan Kericuhan Papua, PWNU Ajak Mahasiswa Papua di Jambi Tak Termakan Hoax!

Sesalkan Kericuhan Papua, PWNU Ajak Mahasiswa Papua di Jambi Tak Termakan Hoax!
Ketua PWNU Jambi KH Aminullah Amit (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kericuhan di Manokwari atas persekusi mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu mengundang persoalan serius. PWNU Jambi mengajak agar masyarakat papua di Jambi agar tak termakan berita hoax.

Ketua umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jambi, KH. Aminullah Amit Kamis (22/8/2019) mengatakan, dirinya sangat menyesalkan atas tragedi persekusi mahasiswa Papua di Jawa Timur. 

Menurut dia, Kericuhan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang terjadi karena persoalan sakit hati.

"Kita ini bersaudara dengan warga manapun, karena sesama NKRI. Jadi persoalan ini harus dicari solusinya dengan kepala dingin," ujarnya.

Lanjutnya, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jambi sangat menyayangkan bentrokan itu terjadi. Padahal sebagai sesama masyarakat Indonesia, seharusnya mampu menciptakan kehidupan yang harmonis dan saling menghargai, karena Indonesia berdiri dengan segala keberagaman.

"Saya mengimbau kepada puluhan warga Papua yang tengah menimba ilmu di Provinsi Jambi khususnya, agar tidak termakan berita hoax yang kerap beredar belakangan ini. Sebagaimana seharusnya, sesuai perkataan Gus Dur kala itu yakni Indonesia ada karena keberagaman, jadi harus tetaplah dijaga sampai sekarang. Saling menghormati dan menghargai antara satu umat, budaya, agama lainnya seperti ungkapan Hubbul Wathon Minal Iman atau cinta tanah air sebagian dari iman," katanya.

KH Aminullah Amit ini juga mengapresiasi tindakan Pemerintah Kota Jambi dalam hal ini dimotori oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha untuk menggelar pertemuan dengan mahasiwa-mahasiswi asal Papua pada Selasa sore. (RED)

Reporter : Deni