Ternyata Ini Penyebab Buruknya Pelayanan di RSU MH Thalib Kerinci
BRITO.ID, BERITA KERINCI - Buruknya pelayanan RSU MH Thalib Kerinci menjadi perbincangan warga. Bahkan luapa kekesalan sejumlah warga sempat viral di medis sosial.
Direktur RSU MH Thalib Kerinci Iwan Suwindra mengugkapkan bahwa sebenarnya banyak hal yang sudah dilakukan untuk membenahi RSU Kerinci. Namun memang tidak diketahui publik, lantaran tidak dipublikasi.
Sejak dilantik menjadi Direktur RSU MH Thalib Kerinci setahun yang lalu, Iwan sudah berkomitmen dengan semua pimpinan. Dokter dan karyawan untuk menjalakan tugas yang baik demi perbaikan peningkatan pelayanan.
"Saya waktu di onfrimasi kemarin masih di ruang operasi. Pasien baru sudah dibius, jadi tidak bisa menjelaskan rinci. Sejak awal dilantik kami sudah sepakat untuk perbaikan pelayanan," ungkapnya.
Dia mengakui untuk merubah lebih baik tidak bisa instan. Namun sejak setahun lalu hingga saat ini sudah jauh meningkat. "Masyarakat mungkin tidak tahu, apa yang sudah kita lakukan, kita sudah sepakat untuk itu (perbaikan)," ungkapnya.
Pihak RSU Kerinci bekerja sudah sesuai dengan SOP yang ada. Jika ada kesalahan dari kenerja, baik di tingkat bidang perawatan, bidang kebidanan, serta medisnya ia akan memberi teguran untuk perbaikan.
"Standar kepuasan terhadap pelayanan masing-masing orang tentu berbeda. Meskipun sudah kita lakukan maksimal pelayanan namun ada yang tidak puas. Itu wajar," ungkapnya dilansir kerincitime.co.id.
Sementara soal air bersih yang tidak mengalir sejak Oktober 2018 sudah diatasi. Kata dia hingga kini tidak ada kendala lagi. Hanya saja tempat BAB masih dalam perbaikan.
"Air sudah lancar, tapi tempat BAB masih dalam perbaikan. Ada pasien yang membuang sampah sembarangan, sehingga tempat BAB terseumbat," ungkapnya lagi.
Untuk air pihaknya mengambil alternatif melakukan pengadaan sumur bor untuk menghindari kejadian beberapa waktu lalu di tahun 2018.
Terkait persoalan doketr yang dinilai sering telat masuk, pihaknya sudah mengatasi dengan membentuk jam besuk dokter. Sehingga dokter datang tepat waktu.
Saat ini RSU Kerinci tengah melakukan persiapan menuju akreditasi. Proses ini tentu harus disiapkan dan dengan dasar standar akreditasi ini pihaknya bergerak untuk memperbaiki pelayanan.
"Apa yang kami lakukan saat ini merujuk standar akreditasi. Sehingga semua item standar akreditasi tentu menuju pada perbaikan sistim hingga pelayanan. Ini yang saya lakukan," ungkapnya.
Diakuinya persoalan rumah sakit ini memang kompleks. Menyelesaikan persoalan yang ada pun harus bijak, apa lagi Iwan adalah seorang dokter, jadi tahu persis apa yang terjadi di ruangan.
"Sayakan dari bawah, dari ruangan, saya tahu persis persoalannya. Dan saya juga tahu bagaimana cara memperbaikinya. Namun harus bijak, jangan sampai salah bertindak, saya sudah komit dengan kawan-kawan dokter untuk bekerja dengan niat yang tulus. Ini semua untuk perbaikan," terangnya.
Ia meminta kepada masyarakat Kerinci, jika ada masalah dan keluhan bisa melapor ke RSU Kerinci, atau SMS ke nomor: 0811-7491-253. (red)