Heboh Penampakan Jelangkung Rumah Kosong di Depok

Heboh Penampakan Jelangkung Rumah Kosong di Depok

BRITO.ID, BERITA DEPOK – Tim Penjaga Gangguan Anti Kerusuhan (Jaguar) Polresta Depok belum lama ini menggeledah sebuah rumah kosong yang diduga menjadi tempat ritual sesat berbau mistis di Jalan Tole Iskandar, Kecamatan Sukmajaya, Depok Jawa Barat pada Senin malam, (25/3/2019).

Di tempat itu, polisi sempat menemukan sejumlah benda tak lazim, seperti boneka jelangkung, kain kafan hingga sesajen. Lalu seperti apa kondisi rumah itu usai disatroni pasukan elite Polresta Depok. Berdasar rumah tak berpenghuni itu kondisinya terlihat cukup memprihatinkan. Beberapa ruangan yang ada tampak tak terawat dan nyaris ambruk.

Kesan angker pun semakin terasa lantaran di bagian depan rumah nyaris tertutup rumput dan ilalang. Kesan angker pada bangunan semakin menjadi sejak dibumbui dengan sejumlah cerita mistis dari warga sekitar. Tak heran, banyak warga yang takut mendekat ke rumah itu meski pada siang hari.

Penasaran dengan temuan Tim Jaguar, media mencoba menelusuri setiap sudut bangunan itu. Di bagian belakang, terlihat potongan kayu yang disebut-sebut sebagai boneka jelangkung. Namun kondisinya tidak lagi utuh seperti saat ditemukan polisi. Sejumlah sesajen, hingga kain kafan pun sudah tak lagi ada. Padahal, Komandan Tim Jaguar, Iptu Winam Agus menegaskan, pihaknya tidak membawa apa pun dari dalam rumah itu. “Enggak ada Mas, enggak ada yang kita bawa. Jadi kita tinggal begitu saja, cuma kita foto,” katanya saat dikonfirmasi pada Rabu, (27/3/2019).

Winam menjelaskan, penggerebekan beberapa waktu lalu itu dilakukan setelah pihaknya mendapati laporan dari warga sekitar yang mengaku resah dengan aktivitas dari balik rumah tak berpenghuni tersebut.

“Jadi, awalnya ada warga yang melintas mengaku mendengar ada orang teriak minta tolong dari dalam rumah itu. Kemudian kita berangkat. Pas kita tahu ternyata rumah kosong, ya saya pikir tadinya enggak masuk akal tapi dia minta supaya Tim Jaguar ini merespons,” kata dia.

Karena yang bersangkutan memaksa, Winam dan tim akhirnya melakukan penyisiran ke area dalam rumah, meski dengan perasaan ragu. Sebab, rumah itu diketahui sudah tak berpenghuni sejak lebih dari lima tahun.

“Kami masuk ke situ disaksikan pelapor ada sedikit masyarakat juga. Kami temukan di situ ada semacam jelangkung. Terus ada lagi bekas dupa pembakaran kayak pemanggil setan, ada kain kafan dan sajen juga,” ucap Winam seperti dilansir viva.co.id

Akan tetapi petugas tidak mendapati seorang pun dari dalam rumah yang kondisinya nyaris ambruk tersebut. “Dugaan sementara ini ada perbuatan menyimpang yang dilakukan oleh entah siapa, sebab di situ ada rekapan untuk nyari togel juga,” katanya

Atas kasus ini, Winam pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik ataupun khawatir. “Bisa jadi itu hanya orang iseng atau memang ada yang sedang ritual yang aneh-aneh. Ini tentu akan kami selidiki, ada apa sebenarnya,” kata Winam. (Red)