KPU Berharap Debat Kedua Berikan Informasi Bagi Pemilih

KPU Berharap Debat Kedua Berikan Informasi Bagi Pemilih

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman berharap debat calon presiden putaran kedua dapat memberikan informasi yang cukup bagi pemilih untuk menentukan pilihan dalam Pilpres 2019.

"KPU berharap rangkaian debat dapat memberikan informasi yang cukup bagi para pemilih untuk menentukan pilihannya pada 17 April 2019," ujar Arief Budiman di lokasi debat kedua, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu.

 

Arief mengatakan, dalam debat para capres akan saling bertanya dan menjawab serta saling menanggapi soal infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup yang menjadi tema debat.

 

Debat capres kedua yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, terdiri dari enam segmen, di mana pada segmen pertama, para capres akan dipersilakan mengambil pertanyaan secara acak. Berdasarkan susunan acara debat kedua yang beredar di kalangan wartawan, pada segmen pertama, masing-masing capres akan menjelaskan visi-misi.

 

Kemudian mereka akan mengambil pertanyaan terkait tema infrastruktur, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup yang akan ditanyakan pada segmen-segmen berikutnya. Pada segmen kedua, para capres akan mendalami visi-misi terkait infrastruktur serta energi dan pangan. Pada segmen ketiga, para capres akan mendalami visi-misi terkait sumber daya alam dan lingkungan hidup.

 

Dalam segmen kedua dan ketiga, masing-masing capres diberikan waktu untuk saling menanggapi visi-misi lawan. Kemudian pada segmen keempat, akan berlangsung debat eksploratif. Dimana pertanyaan yang telah disusun panelis telah diaktualisasikan dalam bentuk video, dan akan ditanggapi para capres.

 

Pemilihan video dilakukan secara acak oleh Ketua KPU RI pada segmen pertama. Selanjutnya pada segmen kelima masing-masing capres berhal mengajukan pertanyaan kepada lawannyq secwra bebas namun pertanyana tetap harus seputar tema debat.

 

Di bagian akhir yakni segmen enam, para capres akan memberikan pernyataan penutup. Debat capres kedua diikuti Capres Nomor Urut 01, Jokowi dan Capres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto. Moderator dalam debat adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (red)