Pak Gubernur! Pasca Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Jambi Malah Naik 100 Persen

Pak Gubernur! Pasca Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Jambi Malah Naik 100 Persen

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pasca dilaksanakannya Operasi Pasar (OP) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, harga bawang putih di pasaran naik hingga 100 persen, Kamis (2/5/2019).

 

Saat OP yang digelar Disperindag Provinsi Jambi Senin 29 April 2019 lalu, harga bawang putih masih di harga Rp40 ribu per kilogram. Sementara, hari ini harga bawang putih di pasaran mencapai harga Rp80 hingga Rp90 ribu perkilogram.

 

Salah satu pedagang di Pasar Tradisional Modern (PTM) Angso Duo, Yiyi mengatakan, kenaikan harga itu terjadi karena stok bawang putih di gudang saat ini telah habis.

 

"Kami beli bawang putih ini dari salah satu Mall di Kota Jambi," ujarnya.

 

Kadis Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah ketika dikonfirmasi membenarkan atas kenaikan harga bawang putih di pasaran. Ia mengatakan, pada saat Operasi Pasar yang dilaksanakan pihaknya menyiapkan kuota bawang putih 25 ton per satu Minggu.

 

"Untuk di Jambi saat ini kebutuhan bawang putih mencapai 10 ton per hari," katanya.

 

Menindak lanjuti atas kenaikan harga tersebut, pihaknya telah mengirimkan surat ke Kementerian Perdagangan dan telah mendapatkan repon. Menurutnya, Kemendag tekah mencarikan sokusi atas hak tersebut.

 

"Kita masih menunggu janji bahwa dalam waktu dekat bawang outih impor akan segera hadir di pasaran," ucapnya.

 

Ditambahkannya, untuk operasi pasar yang dilakukan Dinas Perdaganga dan Perindustrian tiga hari yang lalu hanya bersifat sementara. Dengan kondisi yang seperti ini pihaknya telah memprediksi akan terjadi lonjakan harga yang tidak wajar. (red)

 

Reporter : Deni S