Pengambilan Barang Bukti di Batanghari Kini Bisa Secara Online

Pengambilan Barang Bukti di Batanghari Kini Bisa Secara Online

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Batanghari melakukan peluncuran layanan pengambilan barang bukti perkara secara online.

"Bila masyarakat ingin mengambil barang bukti perkara yang telah memasuki proses penangguhan, dapat dilakukan secara online melalui aplikasi media sosial yang telah disiapkan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari Mia Banulita di Muarabulian, Senin (3/12).

Selama ini terjadi kesulitan masyarakat saat akan mengambil barang bukti perkara, hal itu dikarenakan kurangnya informasi terkait proses hukum yang berjalan atas perkara yang terjadi. Sehingga cukup menyita waktu masyarakat mengecek status barang bukti apakah telah dapat dilakukan pengambilan atau belum.

Melalui pelayanan secara online tersebut, masyarakat dengan cepat dapat mengetahui status penanganan perkara mengenai barang bukti.

Terdapat beberapa aplikasi media sosial yang dapat diakses oleh masyarakat guna mengetahui dan mengambil barang bukti yang berada di kejari daerah itu. Pertama masyarakat dapat mengakses website resmi milik Kejari Batanghari di www.kejari-batanghari.go.id selain itu juga dapat diakses melalui email dengan alamat barangbuktikejaribatanghari@gmail.com atau melalui aplikasi "whats app" dinomor 0896 1648 7000.

Melalui aplikasi "whats app" masyarakat dapat mengirim data dengan format: nama terdakwa#nama pemilik#jenis barang bukti yang disertai dengan foto berita acara Penyitaan, foto KTP dan foto bukti kepemilikan.

Selanjutnya petugas akan memberitahukan status hukum barang bukti tersebut dan barang bukti perkara yang terdapat di Kejaksaan Negeri Batanghari yang masih diamankan oleh pihak kejaksaan.

Mia Banulita mengatakan pelayanan tersebut dapat diakses oleh masyarakat diseluruh wilayah daerah itu. Sehingga sangat bermanfaat dan sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan pengambilan barang bukti perkara dan bahkan kejari daerah itu juga memberikan pelayanan pengantaran barang bukti.

"Niat kami disini untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya terkait dengan pengembalian barang bukti perkara dan uUntuk memasyarakatkan pelayanan tersebut, kejari daerah itu berencana melakukan sosilisasi kepada masyarakat," kata Mia.

Selain itu kejari daerah itu juga memiliki Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP). Ke depan seluruh kegiatan dan fasilitas terkait dengan pelayanan publik pada kejari daerah itu akan dilakukan di PPTSP tersebut.

Saat ini gedung PPTSP tersebut masih dalam proses pembangunan, di tahun yang akan datang pelayanan tersebut sudah dapat dilaksanakan. (RED)