Viral Video UAS! Ini Pesannya untuk Warga Minang dan Makassar

Viral Video UAS! Ini Pesannya untuk Warga Minang dan Makassar
Ustadz Abdul Somad. (Screenshot/Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Ustadz Abdul Somad (UAS) tampaknya prihatin dengn kondisi Indonesia saat ini. Terlihat dari viralnya video UAS di media sosial termasuk di grup WhatsApp. Berikut kutipan pesan UAS untuk warga Minang dan Makasar yang diperoleh BRITO.ID, Senin (30/9).

"Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Minang tak pernah kalah dari kecil dia sudah tinggal di surau, tak ada orang Minang yang tak pandai mengaji dan bersilat. Siapa guru orang Minang alam takambang". 

"Oleh sebab itu apa yang terlihat hari ini, ini kecil bagi orang Minang berapa pejuang bangsa ini. Lari Belanda hingga terbirit - birit menghadapi orang Minangkabau.  Setelah Merdeka orang Maninjau jadi ulama founding father (donatur). Ko jihad awak kini, bantu awak urang sebelah membakar jihad awak menolong. Maka buatlah posko-posko tolong sodara - sodara kita,  bagi modal bagi usaha, kekeluargaan minang kabau harus tetap terjaga," katanya dari video.

"Apa yang terjadi belakangan ini bangkitkan semangat saudara Minangkabau," katanya.

"Agakareba sodaraku dari Makasar dulu kalian orang Bugis dan orang Makasar pernah dibuang oleh Belanda jauh ke Afrika Selatan tapi apa yang terjadi Syeh Yusuf mengembangkan islam dicampakkan ke Srilangka. Islam berkembang di Srilangka dibuang lagi ke Afrika Selatan bahkan Nelson Mandelon juga memberikan penghargaan untuk kalian. Ketika saya pernah menyampaikan tausiah di Sydney Australia dibawa oleh sahabat saya bagaimana Islam berkembang ke Australia rupanya nenek moyang kalian yang mengislamkan. Padahal cita-cita mereka hanya mencari tripang mencari rizki dengan cara berdakwah,"

"Maka bangkitlah sodaraku orang Makasar orang Bugis sodaraku orang jawa yang ada diperantauan sulit memang susah, tapi kemanapun dilihat bumi dinusantara ini, dulu nenek moyang kalian pernah menyatukan nusantara bahkan kekuasaan sampai ke Vietnam sana," ujarnya.

"Maka bangkit jangan pernah menyerah jangan pernah mengalah kami dari jauh ikut mendoakan saudara-saudaraku dimanapun berada di Nusantara yang bisa membantu-bantu, dengan uang tidak bisa, bantu dengan doa mudah-mudahan saudara kita, saya hanya sebut Minangkabau dan Makassar, Bugis dan Jawa karena ini yang banyak merantau tapi suku-suku yang lain kita adalag saudara mudah-mudahan kita tetap disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika dan disatukan oleh Lailahailllah Muhammadarosullah. Dan kita disatukan oleh Pancasila," ungkap Ustadz Abdul Somad di video ini. (RED)

Reporter : Dewi Anita