Warga Nuimbila Panik Semburan Air Panas dan Belerang Semakin Besar

Warga Nuimbila Panik Semburan Air Panas dan Belerang Semakin Besar

BRITO.ID, BERITA KUPANG - Warga Desa Nuimbila, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur dikejutkan dengan munculnya asap disertai semburan air panas dari dalam tanah sekitar pemukiman warga setempat.

"Kejadian ini sudah berlangsung selama satu minggu. Air panas yang keluar semakin besar, sehingga membuat warga Desa Nuimbila menjadi cemas karena munculnya air panas itu disertai asap serta bau belerang," kata Jitron Ale (28), warga Dusun III Desa Nuimbila ketika dihubungi dari Kupang, Rabu (2/1).

Jitron yang tinggal sekitar 100 meter dari lokasi munculnya air panas itu mengaku terus merasakan bau belerang yang sangat menyengat.

"Air panas itu muncul di salah satu tiang listrik milik PLN yang dibangun tiga tahun silam. Kami kwatir aliran air panas itu masuk ke pemukiman penduduk karena sudah semakin membesar," kata Jitron.

Ia mengatakan, peristiwa munculnya air panas membuat warga desa menjadi panik, karena semburan air semakin membesar menyebabkan rumput disekitar sumber air panas menjadi kering.

Jitron mengatakan, munculnya air panas disertai asap dari dalam tanah itu merupakan peristiwa pertama kali terjadi kendati di Desa Nuimbila tidak terdapat aktifitas gunung berapi.

"Desa Nuimbila tidak memiliki gunung api maupun sumber air panas, sehingga semua warga menjadi kwatir dengan munculnya air panas ini," ujarnya.

Dia berharap pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk segera turun ke Desa Nuimbila untuk melakukan penelitian terhadap munculnya air panas itu. (red)