Sudah Tersalurkan Rp53 Miliar, Tahapan Terakhir Pencairan Dana Desa Batanghari Lambat

Sudah Tersalurkan Rp53 Miliar, Tahapan Terakhir Pencairan Dana Desa Batanghari Lambat

BRITO.ID, BERITA BATANGHARI - Penyaluran Dana Desa (DD) di Kabupaten Batanghari memasuki tahap terkahir dari tiga tahap penyaluran Dana Desa (DD). Hal ini diungkapkan Akmaludin, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Batanghari.

Menurut dia meski memasuki tahap pencairan terakhir, namun masih ada kendala keterlambatan. "Walaupun penyaluran dana desa tersebut alami keterlambatan, namun diyakini pembangunan di desa tetap berjalan sesuai rencana tahapan," kata Akmaludin.

Dia menjelaskan sesuai dengan tahapan penyaluran DD, seharusnya tahap ketiga sudah mulai disalurkan pada bulan Juli yang lalu. Meski alami keterlambatan namun tidak mempengaruhi percepatan pembangunan di desa melalui DD tersebut. 

Penyaluran tahap terkahir atau tahap ke tiga DD tersebut sebesar 40 persen dari junlah kseluruhan yang akan disalurkan pada tahun 2018. Sebelumnya telah disalurkan DD tahap pertama sebesar 20 persen, dan tahap kedua sebesar 40 persen dari total DD yang akan disalurkan. 

Akmaludin mengatakan, hingga bulan september ini 99 persen DD tahap kedua telah disalurkan ke kas desa. Sehingga telah memenuhi syarat pengajuan usulan pencairan DD tahap ketiga atau tahap terakhir.

"Penyaluran DD tahap ketiga dapat dilakukan minimal 70 persen DD tahap kedua telah disalurkan. Dan syarat itu telah terpenuhi," sebut Akmaludin. 

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari tengah mengusulkan penyaluran DD tahap terkahir dari pemerintah pusat ke kas daerah.

Selanjutnya disalurkan ke kas tiap-tiap desa.  Sementara itu, dari Rp88 miliar total DD yang akan disalurkan, pada tahap pertama dan tahap kedua DD telah disalurkan sebesar Rp53 miliar lebih.

Kontributor: Syahreddy