Angkutan PT BKS Sinar Mas Grup Picu Kerusakan Parah Jalan Air Hitam Sarolangun

Angkutan PT BKS Sinar Mas Grup Picu Kerusakan Parah Jalan Air Hitam Sarolangun

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Jalan poros utama dari Kecamatan Pauh menuju Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun kembali rusak parah. Ditambah saat ini curah hujan cukup tinggi.

"Sekarang kami terjebak macet dan antri sejak malam pukul 19.00 WIB kemarin sampai saat ini," ungkap Heri, salah seorang sopir truk angkutan buah sawit ketika dikonfirmasi Brito.id, Jumat (15/02).

Heri mengatakan selain menghambat aktivitas hal tersebut juga terdampak kepada masyarakat umum lainnya. Termasuk anak-anak sekolah yang melewati jalan tersebut.

"Ini sangat menggangu aktivitas masyarakat umumnya. Dan begitu juga anak tidak bisa mengikuti pelajaran karena tidak bisa lewat," kata Heri.

Masyakarat setempat, Hardiyanto mengatakan jalan semakin rusak parah karena aktivitas keluar masuknya kendaraan angkutan Tandan Buah Segar (TBS), dari Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Bahana Karya Semesta (PT BKS) anak usaha Sinar Mas yang beroperasi di daerah itu.

"Banyak kendaraan lain tidak dapat lewat dikarenakan aktivitas truk angkutan TBS milik Sinarmas Grup terpuruk. Jalan jadi hancur lulur. Jalan ini dibangun pemerintah sebelum perkebunan ini hadir artinya ini jalan rakyat. Seharusnya perusahaan sadar diri, salah satunya dengan membuat jalur khusus angkutan mereka menuju pabrik," katanya.

"Ketika musim panas kita dapat debu. Ketika musim hujan kita dapat lumpur. Kalau perusahaan ini bermitra dengan masyarakat yang sama-sama menguntungkan masih bisa dimaklumi. Tapi inikan kebun inti murni, seharusnya perusahaan peduli dengan kondisi saat ini," tambahnya.

Sementara PT BKS belum bisa dihubungi. Belum ada tanggapan dari PT BKS. (red)

Kontributor: Arpandi