Bupati Berlimo, Diawali WhatsApp Grup, Roadshow Hingga Deklarasi Pilgub Jambi

Bupati Berlimo, Diawali WhatsApp Grup, Roadshow Hingga Deklarasi Pilgub Jambi
Bupati Berlimo yang akan menjadi poros baru Pilgub Jambi.

BRITO.ID, BERITA KERINCI - Lima bupati dalam Provinsi Jambi semakin intens melakukan pertemuan. Mereka adalah Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Merangin Al Haris, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Muarojambi, Masnah Busyro dan Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto.

Pertemuan kali pertama para kepala daerah ini dilakukan di Bungo, Sabtu (13/7) lalu. Pertemuan itu minus Masnah Busyro. Sudah bisa dipastikan para bupati membantah bahwa pertemuan itu terkait koalisi menjelang Pilgub Jambi. 

Setelah itu, pertemuan lebih lengkap dilakukan lagi oleh lima bupati. Pertemuan lima bupati ini di kampungnya Bupati Kerinci Adirozal, Sabtu (14/9). Terlihat Romi Haryanto, Masnah Busyro, Al Haris, Mashuri dan Wakil Bupati Kerinci Ami Taher.

Pertemuan koalisi itu dibalut dengan ekshibisi olahraga. Kegiatan berlangsung di Lapangan PTP Nusantara VI atau Lapangan Pabrik Teh Kajoe Aro, Bedeng Delapan Kec Kayu Aro Barat.

Lagi-lagi mereka membantah pertemuan itu adalah terkait Pilgub Jambi 2020. Padahal pertemuan demi pertemuan itu sudah diagendakan oleh mereka.

Kabarnya, pertemuan selanjutnya akan dilakukan di Muarojambi dan puncaknya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Pertemuan puncak ini sekaligus mendeklarasikan poros baru dan siapa yang akan didukung oleh lima bupati ini pada perhelatan Pilgub Jambi 2020.

Informasi yang diterima Brito.id, koordinasi terkait agenda politik itu bahkan sudah sering dilakukan di grup WhatsApp yang diberi nama "Bupati Berlimo". Koalisi Bupati Berlimo ini yang akan menjadi poros dan kekuatan baru di Pilgub Jambi 2020.

Namun hal ini dibantah oleh mereka. Seperti yang disampaikan Bupati Kerinci Adirozal. Dia mengatakan pertemuan demi pertemuan para bupati ini hanya ajang silaturahmi dan ekshibisi olahraga. "Hanya kegiatan silaturahmi dan menyambung dari sebelumnya di Kabupaten Bungo," ungkapnya.

Sementara Bupati Merangin Al Haris menyebutkan bahwa sebenarnya dalam pertemuan ini seharusnya turut hadir Wabup Tebo Syahlan Arpan dan Wabup Tanjabbar Amir Sakib. 

"Namun dikarenakan kelupaan diinformasikan hadir. Tapi Insha Allah dilain kesempatan hadir bulan depan akan dilaksanakan silaturahmi lagi di Muarojambi. Info ibu Masnah pertengahan Oktober," katanya.

Bupati Mashuri mengatakan pertemuan di Kerinci merupakan tindaklanjut dari Bungo beberapa waktu lalu. 

"Sesibuk apopun kito ado pertemuan, tapi sebenarnya kepala dinas nih gelak-gelak tapi kepalonyo nyengit galo. Sebab ado yang dipanggil kanti, ado yang dikaleng kanti. Tapi kito hadir di sini (Kerinci) tinggalkan masalah dan bersilaturahmi. Memang luar biaso," kata Mashuri dengan logat Bungo. "Kedepan akan banyak kepala daerah yang akan ikut dalam acara ini," tambahnya. (red)