Dua Pekan Operasi Zebra, 1.209 Pengendara Ditilang Satlantas Polres Muarojambi

Dua Pekan Operasi Zebra, 1.209 Pengendara Ditilang Satlantas Polres Muarojambi
Operasi Zebra Yang Dilaksanakan Satlantas Muarojambi (Raden Romi/ BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra oleh Satlantas Polres Muarojambi, sebanyak 1.209 pengendara ditilang.

Operasi Zebra Singinjai dilaksanakan sejak 23 Oktober sampai 5 November 2019 di titik-titik berbeda setiap harinya.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pelanggaran memang mengalami penurunan.

"Total ada 1.209 pengendara yang ditilang dan memang ini mengalami penurunan. Kalau pada operasi zebra tahun 2018 lalu yang ditilang sebanyak 1.326," ungkap Kasat Lantas Polres Muarojambi Iptu Yurike Ade Purwanti Kamis (7/11/19).

Dipaparkan Yurike, dari jumlah tersebut, para pelanggar yang ditilang itu didominasi para pengendara roda dua. Mulai dari pelanggaran SIM maupun STNK.

"Pelanggar yang kita tindak ini rata-rata tidak melengkapi surat-surat dan SIM. Rinciannya sebanyak 423 pelanggaran SIM dan 786 pelanggaran STNK. Pelanggar dominan pengendara roda dua," kata Yurike.

Yurike mengakui bahwa dalam kegiatan operasi yang berlangsung dua pekan tersebut masih ada pengendara yang berusaha menghindari razia petugas.

Mereka bahkan ada yang berusaha berbalik arah sehingga sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lainnya.

"Jangan takut untuk ditilang, kan hanya denda. Justru berbahaya kalau mereka mutar kepala dan melawan arus. Yang mestinya pelanggaran malah berubah ke pidana," ujarnya.

Yurike sendiri mengimbau agar pengendara tetap mematuhi aturan berkendara meskipun operasi zebra telah berakhir. Para pengendara diimbau agar selalu menggunakan helm dan melengkapi surat-surat dan SIM saat berkendara.

"Jaga keselamatan berkendara dengan mematuhi aturan dan pakai alat keselamatan seperti helm. Ingat keluarga menanti di rumah," pungkas Kasat Lantas.

Redaktur: Rhizki Okfiandi

Reporter : Raden Romi