Gubernur Jambi Resmi Buka Jambore TP PKK Tingkat Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Resmi Buka Jambore TP PKK Tingkat Provinsi Jambi
Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua TP PKK Hj Rahima Fachrori. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar secara resmi membuka Jambore kader PKK Provinsi Jambi menuju kader SDM yang unggul menuju Jambi Tuntas dan Indonesia Maju, Rabu (4/9/2019).

Ketua TP PKK Provinsi Jambi Rahima Fachrori mengucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur dan para bupati dan walikota se-Provinsi Jambi, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh ketua TP PKK Kabupaten kota beserta para kader yang hadir dalam kegiatan jambore.

"Ini sungguh suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami seluruh pengurus dan kader tim penggerak PKK Provinsi Jambi dapat melaksanakan kegiatan jambore ini yang merupakan agenda tahunan," paparnya.

TP PKK Provinsi Jambi hingga semua jenjang kepengurusan kegiatan ini selain sebagai ajang lomba dan pemberian apresiasi kepada para kader PKK yang meraih prestasi dalam berbagai cabang lomba yang digelar dalam kegiatan ini, juga dapat memperkuat silaturahmi dan saling bertukar informasi sesama dari seluruh di daerah wilayah provinsi Jambi.

Baca Juga: Sukses Membina Olahraga Berprestasi, Gubernur Jambi akan Raih Penghargaan dari Kemenpora

"Kepada para kader yang memperoleh prestasi terbaik dalam lomba tingkat provinsi ini nantinya akan dipersiapkan oleh tim penggerak PKK Kabupaten Kota yang mengikuti lomba lomba dalam jambore kader PKK tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta pada hari minggu terakhir bulan September 2019," terangnya.

Untuk itu Rahima berharap kepada seluruh peserta agar sungguh-sungguh menyiapkan diri secara maksimal agar mampu bersaing di tingkat nasional karena menurutnya, setiap tahun TP PKK Provinsi Jambi selalu memperoleh penghargaan tingkat nasional baik dalam lomba lomba Hari Kesatuan gerak PKK maupun Jambore.

"Ini semua, bahwa kinerja baik dari desa kelurahan, kecamatan di seluruh kabupaten kota se Provinsi Jambi sudah mampu bersaing namun kita masih perlu untuk terus berbenah menuju lebih baik lagi," tuturnya.

Rahima juga menyampaikan bahwa saat ini semua tekah dihadapkan dengan masalah yang cukup serius terhadap masa depan generasi negeri, Kemkes RI melansir bawah di provinsi Jambi terdapat dua Kabupaten yang memiliki angka gizi buruk cukup tinggi.

"Di lain pihak BNN Provinsi Jambi juga mengungkapkan bahwa angka kasus penyalahgunaan narkoba di provinsi Jambi semakin meningkat cukup tinggi dan mengkhawatirkan," tegasnya.

Menyikapi hal tersebut kata Rahima semua perlu membangun gerakan perpaduan antara tim penggerak PKK di setiap jenjang dengan terkait untuk menyusun rencana tindakan preventif secara bersama-sama dengan dinas kesehatan, Puskesmas dan bidan desa untuk mengatasi masalah gizi buruk.

"Sedangkan untuk mengatasi masalah narkoba gerakan terpadu kerjasama dengan BNN Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, kakanwil, Kemenag dengan lembaga pendidikan umum, madrasah di provinsi Jambi serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Kelurahan seluruh Provinsi Jambi," jelasnya.

Selanjutnya istri Gubernur itu juga menyampaikan dalam kesempatan baik ini bahwa untuk mengemban tugas dan fungsi PKK dalam gerakan memperdaya dan kesejahteraan keluarga tim penggerak PKK sangat memerlukan dukungan dan kemitraan dengan seluruh komponen masyarakat.

"TP PKK tidak akan bisa bekerja sendiri dan mencapai hasil yang optimal tanpa dukungan komponen masyarakat, untuk itu kami berharap agar para bupati Walikota dapat memfasilitasi serta pimpinan-pimpinan OPD agar dapat bergandengan tangan dengan PKK untuk mewujudkan SDM unggul, Indonesia maju," pungkasnya. (ADV/Den)