Maaf Aplikasi Google Anda Berhenti di Android, Ini Penyebabnya

Aplikasi Google mengalami beberapa masalah. Beberapa pengguna Android mengeluh di Twitter karena aplikasi Google mogok secara acak di ponsel.

Maaf Aplikasi Google Anda Berhenti di Android, Ini Penyebabnya
Google. (Ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Aplikasi Google mengalami beberapa masalah. Beberapa pengguna Android mengeluh di Twitter karena aplikasi Google mogok secara acak di ponsel.

Dilansir dari Android Authority, berdasarkan laporan pengguna, aplikasi Google yang mogok ini trrjadi di sebagian besar merek ponsel Android termasuk Sony, Samsung, Google Pixels, dan banyak lagi.

Google yang mendadak mogok tak bisa digunakan tampaknya berasal dari pembaruan terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Masalah terjadi pada versi 12.23.16.23.arm64 dan 12.22.8.23 dari Google app.
Beberapa pengguna juga melaporkan kerusakan aplikasi pada versi beta 12.24.7.29.arm64.

Google mogok di smartphone (Twitter).
Menurut daftar Play Store aplikasi Google, versinya dapat bervariasi di berbagai perangkat sehingga mungkin mengalami crash aplikasi pada versi yang sama sekali berbeda.

Menanggapi keluhan di Twitter, akun resmi Made By Google menyarankan agar pengguna melakukan soft reboot ponsel. Sementara perbaikan berhasil untuk beberapa pengguna, yang lain melaporkan bahwa me-reboot ponsel mereka tidak membantu.

Hi Maciej, sorry to know that you are experiencing an issue with your device. It's important that we get this sorted. Could you try a soft reboot by holding down the power button for 30 seconds and see if it works fine? Let us know if that helps. ^Adam

— Made By Google (@madebygoogle) June 22, 2021

Meng-uninstall aplikasi versi terbaru bekerja di sebagian pengguna, namun beberapa yang lain masih mengalami masalah dengan aplikasi bahkan setelah kembali ke versi sebelumnya.

Sebelumnya pada bulan Maret, masalah dengan Android System WebView menyebabkan beberapa aplikasi Android mogok. Google menyelesaikannya untuk mereka yang menggunakan versi Android yang stabil, masalahnya tampaknya tetap ada untuk pengguna Android 12 Beta.

Sumber: Indozone
Editor: Ari