Protes Kabut Asap, HMI Bangko Pasangi Masker ke Patung HM Kamil

Protes Kabut Asap, HMI Bangko Pasangi Masker ke Patung HM Kamil
HMI Cabang Bangko demo dan pasangi Masker ke Patung HM Kamil. (Rhizki/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangko, Sabtu (21/9) turun aksi di persimpangan Pasar Bawah Kota Bangko, Merangin.

Aksi sebagai bentuk kepedulian mahasiswa atas bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang berdampak dengan semakin memburuk kondisi udara di Merangin, tersebut dilakukan cukup menarik.

Mahasiswa terlihat memasang Masker patung HM Kamil yang berdiri tepat di persimpangan sebagai bentuk protes semakin tebalnya kabut asap. Tidak sampai disitu mahasiwa juga memasang bedera kuning tanda berduka.

Selain itu mahasiswa juga menggelar aksi teaterikal, dengan membungkus boneka 'Doraemon' seperti manusia yang sedang sakit akibat asap, di atas keranda. Serta membagikan masker kepada pengguna jalan.

"Patung HM Kamil sengaja kami pasangkan masker, dan kami juga mendirikan bendera kuning sebagai tanda berduka atas bencana Kabut asap di Kabupaten Merangin," ujar salah seorang mahasiswa.

Sementara itu, Solihin Ketua Umum HMI Cabang Bangko, mengatakan mahasiswa meminta agar pemerintah daerah aktif menyebarkan informasi tentang kondisi udara. Tidak itu saja, mahasiswa juga meminta agar pembagian masker dilakukan secara merata.

"Kami juga meminta agar Pemerintah Daerah membangun Posko Edukasi dan bahaya asap sebagai upaya pencegahan Karhutla. Hukum dan cabut izin perusahaan yang menyebabkan asap, serta menghimbau warga Merangin berperan aktif," ujarnya.(RED)

Kontributor : Rhizki Okfiandi