Sandiaga Kunjungi Perajin Alat Dapur di Banyuwangi Tawarkan OK OCE

Sandiaga Kunjungi Perajin Alat Dapur di Banyuwangi Tawarkan OK OCE

BRITO.ID, BERITA BANYUWANGI- Calon wakil presiden nomor urut 2 Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi para perajin alat dapur dan berdialog menyerap aspirasi mereka di Desa Kalibaru Wetan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (27/11)

"Tadi ada perajin yang menyampaikan keinginannya bahwa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Kalibaru, khususnya perajin alat-alat rumah tangga agar diberikan bantuan, bahan baku, dan alat produksi," kata Sandiaga kepada sejumlah wartawan di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Menurutnya ada 50 perajin di desa setempat yang memiliki pekerja masing-masing sebanyak 10 orang, sehingga mampu menyerap tenaga kerja di Banyuwangi sebanyak 500 orang dan pasarnya juga harus ditingkatkan, agar bisa bersaing dengan pabrikan.

"Para perajin juga mengeluh karena permintaan di Jawa dan Bali sedang lesu atau menurun, sehingga harus didampingi dan belum lagi jika dollar naik akan menjadi masalah baru karena harga bahan baku mereka juga dipengaruhi oleh dollar," tuturnya.

Untuk itu, Sandiaga menawarkan program OK OCE (One Kabupaten/Kota, One Center Entrepreneurship) di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, agar para perajin bisa sejahtera ke depan dan hasil produk alat dapur tersebut sudah terkenal.

"Kita akan bantu bahan baku para perajin alat dapur melalui kerja sama dengan pemerintah kabupaten, agar mereka mendapatkan harga bahan baku relatif stabil dan kualitsnya bagus karena ada bahan baku yang kurang bagus," katanya.

Selain itu, lanjut dia, bantuan bisa berupa peralatan, sehingga pemerintah pusat akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk melakukan pelatihan dan pendampingan, namun bantuan peralatan tersebut diharapkan tidak mengurangi tenaga kerja.

"Ke depan, pemasarannya juga harus diperhatikan. Menurut saya pembuatan peralatan dapur itu unik sekali karena bisa dijadikan souvenir dan bisa digunakan promosi wisata, sehingga hal itu perlu ditingkatkan ke arah sana," ucap cawapres nomor urut 2 itu.

Safari politik Sandiaga Uno menyapa warga Bumi Blambangan Banyuwangi tersebut diawali dengan dialog bersama UMKM peralatan rumah tangga di Kecamatan Kalibaru, kemudian silaturahmi di Pesantren Ummul Quro' Krikilan, mengunjungi korban banjir di Desa Alasmalang, berdialog dengan nelayan dan emak-emak di Kelurahan Lateng, peresmian Rumah Djoeang, dan dialog dengan pengusaha muda di Banyuwangi. (red)