Tabloid Indonesia Barokah Sudutkan Prabowo-Sandi

Tabloid Indonesia Barokah Sudutkan Prabowo-Sandi

BRITO.ID, BERITA JAWA TENGAH- Bawaslu di Jawa Tengah mengamankan sejumlah Tabloid 'Indonesia Barokah' yang dianggap menyudutkan pasangan Capres-Cawapres Nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Rupanya alamat redaksi tabloid tersebut fiktif.

Berdasarkan alamat yang tercantum di boks redaksi, kantornya di Jalan Haji Kerenkemi, Kampung Rawabacang, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Alamat ini diduga menggunakan data sesuai pada aplikasi google maps letaknya di RT 007 RW 013.

Pengurus RT setempat, Sarsono mengatakan, nama jalan yang dimaksud aslinya Jalan Kirinkiman, panjangnya sekitar 100 meter. Nama itu diambil karena lahan yang dipakai merupakan wakaf Haji Kirin yang memiliki orangtua bernama Haji Kiman. Sepanjang jalan tersebut terdapat rumah warga yang berujung pada sebuah klaster dengan 16 rumah.

"Itu alamat fiktif yang dipakai, karena kami sudah memeriksa satu per satu rumah warga, tidak ada yang memiliki usaha percetakan," ujar Sarsono saat ditemui di kediamannya, Kamis (24/1).

Sarsono mengatakan, setelah beredar tabloid tersebut, pihak KPPS, Bawaslu, sampai unsur TNI/Polri mendatangi rumahnya untuk meminta klarifikasi ihwal alamat redaksi Tabloid Indonesia Berkah.

"Sempat nanya-nanya, ada warga namanya ini (sesuai di tabloid), saya jawab tidak ada," ujar dia.

Menurut dia, warga yang tinggal di wilayahnya sebanyak 137 keluarga. Sarsono mengaku 99 persen mengenali satu persatu, termasuk yang tinggal di klaster.

"Saya itu tertib administrasi, kalau ada yang ingin membuka usaha, harus memiliki izin lingkungan, kemudian izin RT," ujar dia.

Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga telah melaporkan tabloid Indonesia Barokah ke polisi. Isi tabloid itu dinilai bernarasi selalu menyudutkan pasangan oposisi tersebut. (RED)