Udara Mendekati Level Bahaya, Penderita ISPA Capai Ribuan

Udara Mendekati Level Bahaya, Penderita ISPA Capai Ribuan
Zamroni Kabid pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Merangin. (Rhizki/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Kabut asap terus menyelimuti Kabupaten Merangin. Selain itu akibat kabut asap jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) meningkat tajam. Seperti di bulan Agustus peningkatan penderita melonjak drastis hingga 2.306 penderita. Terutama mereka berobat ke Puskesmas dan Rumah Sakit Umum.

Zamroni Kabid pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Merangin mengatakan bahwa sejek Juli hingga Agustus peningkatan penderita sangat drastis.

"Dari data 27 Puskesmas yang masuk mulai bulan Juli hingga Agustus peningkatanya sangat drastis. Paling tinggi di bulan Agustus ada 2.036 kasus," ungkap Zamroni, Jumat (20/9).

Pada September diperkirakan akan jauh lebih meningkat. Terlebih kadar ISPU mencatat pada level 189.

"Kadar ISPU yang di hitung dari Lingkungan Hidup hampir mendekati level 200. Artinya sudah mendekati bahaya tentu saja ini sudah tidak sehat lagi," terangnya.

Sementara itu  dr Sephelo Kepala Puskemas Pematang Kandis menerangkan penderita ISPA yang berobat ke Puskesmas tercatat 15 orang pasien. Maka ada peningkatan yang cukup tinggi.

"Dari kunjungan pasien ISPA yang berobat ke posko penderita ISPA. Setiap harinya ada 15 orang pasien, jika di hitung perminggunya mencapai 245 pasien. Apalagi rata-rata penderita adalah anak anak," ungkap Sephelo. (RED)

Kontributor : Rhizki Okfiandi