Waspadai Kabut Asap, Nakhoda Diingatkan Terkini Perairan

Waspadai Kabut Asap, Nakhoda Diingatkan Terkini Perairan
Kapolsek usai memberikan pengarahan kepada nelayan dan nahkoda. (Heri/Brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL - Pekatnya kabut asap yang menyelimuti wilayah sungai maupun pesisir laut Tanjab Barat kini sudah mulai mengganggu jarak pandang. 

Dampaknya, selain dapat membahayakan bagi jalur sungai dan laut. Kondisi ini juga mengancam keselamatan para nelayan dan mengganggu pelayaran. 

Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S. Ik melalui Kapolsek KP  Marina Iptu Agung Heru Wibowo mengungkapkan, kepada Nakhoda, Pemilik Kapal dan Nelayan serta Agen jasa transportasi Air khususnya di Tanjab Barat untuk waspada dan mengutamakan keselamatan.

Tidak melakukan aktivitas pelayaran apabila jarak pandang kurang dari 300 meter. Memastikan keadaan kapal benar-benar layak dan tidak memuat melebihi kapasitas penumpang yang telah ditentukan.

"Melengkapi Alat Sarana Bantu Navigasi serta peralatan keselamatan seperti alat penunjuk arah (GPS, Kompas, Peta), isyarat cahaya lampu senter atau penerangan lain.

Kemudian baju pelampung (Life Jacket) atau alat apung lainya, alat pemadam kebakaran dan obat-obatan," beber Iptu Agung saat penyuluhan di Pelabuhan LLASDP Tanjab Barat, Selasa (3/9).

Iptu Agung berharap, dengan adanya penyuluhan ini, para pemilik kapal, nahkoda kapal, nelayan, dan agen jasa transportasi air mengetahui kondisi terakhir cuaca yang diakibatkan kabut asap karena Karhutla.

"Sehingga saat berlayar bisa berhati hati serta bisa meminimalisir kecelakaan air," tukasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto