Arab Saudi Rilis Foto Detil Batu Hajar Aswad, dan Ini Penampakannya

Otoritas Arab Saudi Senin lalu memperlihatkan foto terbaru batu Hajar Aswad yang belum pernah dipublikasikan. Kantor Umum Kepresidenan Dua Masjid Suci merilis foto detil batu Hajar Aswad dengan teknik baru yang menggunakan fokus panoramik.

Arab Saudi Rilis Foto Detil Batu Hajar Aswad, dan Ini Penampakannya
Hajar Aswad. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Otoritas Arab Saudi Senin lalu memperlihatkan foto terbaru batu Hajar Aswad yang belum pernah dipublikasikan.

Kantor Umum Kepresidenan Dua Masjid Suci merilis foto detil batu Hajar Aswad dengan teknik baru yang menggunakan fokus panoramik.

Batu yang diyakini turun dari surga itu difoto selama total tujuh jam untuk menghasilkan citra yang mempunyai resolusi tinggi, kata otoritas, seperti dilansir laman Al Arabiya, Selasa (4/5).

Citra itu mempunyai tingkat ketelitian 49.000 megapiksel dan butuh 50 jam untuk diproses.

Umat Islam meyakini batu hitam terkenal itu turun dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril.

Batu Hajar Aswad kini diletakkan dalam sebuah bingkai perak dan ditempatkan di sudut Kabah, sekitar 1,5 meter di atas tanah.

©Twitter @hsharifain

Semasa musim umrah dan haji muslim di seluruh dunia disarankan menyentuh batu itu seusai merampungkan tawaf mengelilingi Kabah. Namun karena banyaknya jumlah jemaah umrah dan haji setiap tahun maka sekadar melambai dari jauh ke batu Hajar Aswad pun dibolehkan.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Ari