Dinas LH Batanghari Amankan Kayu Pembalakan Liar

Dinas LH Batanghari Amankan Kayu Pembalakan Liar

BRITO.ID, BERITA BATANGHARI - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari mengamankan kayu dari hasil pembalakan liar (illegal logging) oleh warga dari hutan kawasan Tanam Hutan Raya.

“ Delapan meter kubik kayu illegal Logging ini hasil dari tangkapan yang dilakukan oleh petugas LH bekerjasama dengan SPORC, dari Januari hingga November ini,"  ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Tahura Dinas Lingkungan Hidup Batanghari Syaiful, Kamis (22/11).

Sepanjang tahun 2018, Dinas LH melakukan pengamanan terhadap hasil illegal logging sebanyak tiga kali. Satu kali dilakukan bersama SPORC Jambi dan dua kali dilakukan oleh petugas dinas LH. Kayu tangkapan yang berhasil diamankan bersama SPORC tersebut sekitar 2,5 meter kubik kayu hasil pembalakan liar warga.

Syaiful mengatakan, untuk kayu yang berhasil diamakan bersama petugas SPORC dibawa ke kantor wilayah. Kayu-kayu tersebut telah dipotong dalam bentuk persegi dengan ukuran empat kali enam, enam kali enam dan papan.

Sementara itu, kayu hasil pembalakan liar berhasil diamankan petugas Dinas LH Batanghari berkisar 6,5 meter kubik. Terdiri dari kayu-kayu jenis rimba campuran seperti kayu medang dan kayu batu. Saat ini kayu-kayu tersebut dijadikan sebagai barang bukti.

“Terakhir petugas kita berhasil mengamankan sekitar 5 meter kubik kayu illegal logging  yang dilakukan dikawasan tahura dalam wilayah Desa Bungku Kecamatan Bajubang,” ujar Syaiful.

Sedangkan pelaku pembalakan liar, pihak Dinas LH mengaku kesulitan mengungkap.  Hal ini dikarenakan saat petugas masuk ke kawasan, mereka sudah kabur.  "Saat kita sampai di lokasi pelaku sudah lari. Kita hanya menemukan kayu-nya saja," terangnya. (red)

Kontributor : Syahreddy