Disbunak Tanjabbar Turunkan Tim Cek Kondisi Hewan Kurban

Disbunak Tanjabbar Turunkan Tim Cek Kondisi Hewan Kurban
Ilustrasi. (Ist)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL -  Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menerjunkan puluhan petugas ke 13 Kecamatan yang ada di Tanjab Barat.

Kadisbunnak Tanjab Barat, Melam Bangun memastikan, petugas yang ditugaskan sebanyak 30 yang disebar ke 13 Kecamatan untuk mengecek kondisi hewan yang akan di kurban. 

"Bagaimana teknisnya itu nanti petugas dari Peternakan yang tahu. Intinya hewan yang di kurban adalah hewan ternak yang betul betul layak konsumsi, tidak berpenyakit," tegasnya. 

Untuk jumlah hewan kurban Tanjab Barat baik sapi, kambing belum dapat kita rincikan, Sebab kata Melam masih belum menerima laporan resmi dari panitia kurban setiap kecamatan.

"Untuk sementra belum ada laporan dari setiap Kecamatan berapa banyak hewan kurban, untuk saat ini kita hanya fokus siapkan petugas kita untuk melakukan pengecekan kondisi hewan kurban. Baik itu kambing maupun sapi," imbuhnya. 

Jika nantinya ada ditemukan hewan kurban yang ternyata berpenyakit maka disarankan untuk diganti.

"Besok (Rabu) semua petugas mulai turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan," jelas Melam.

Untuk lokasi yang akan disisir petugas, kata Melam, seperti pasar ternak, dan penampungan hewan yang biasanya ada di kandang sebelum penyembelihan. (RED)

Kontributor : Heri Anto