Festival Pawai Takbiran di Tungkal Jadi Wisata Religi

Festival Pawai Takbiran di Tungkal Jadi Wisata Religi
Festival Pawai Takbiran di Tanjabbar meriah. (Heri/brito.id)

BRITO.ID BERTA TUNGKAL - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H pada tahun 2019, Pemkab Tanjab Barat mengelar Festival Pawai Takbiran yang diikuti puluhan peserta dari Kota Kualatungkal dan sekitarnya. 

Walaupun hanya diikuti 10 peserta, namun pawai tahunan ini tak meyurutkan antusias masyarakat.

Bahkan festival ini menyedot perhatian masyarakat Kualatungkal dan sekitarnya sebagai daya tarik wisata religi bagi masyarakat setiap tahunnya.

Pantauan BRITO.ID, di halaman Rumah Dinas Bupati Tanjab Barat, ribuan masyarakat nampak antusias menyaksikan kemeriahan pelepasan pawai yang di lepas oleh Bupati Tanjab Barat H Safrial. 

Rudi salah satu warga Jambi menuturkan, sengaja datang ke Tungkal hanya untuk menyaksikan Festival Pawai Takbiran secara langsung. 

"Selain silahturahmi dengan keluarga, saya sengaja datang ingin menyaksikan Festival ini secara langsung, selama ini hanya lihat di medsos dan dengar cerita dari istri saya," katanya. 

Kepala Dispora Otto Riyadi, selaku Ketua Panitia Pawai Takbir 1440 H menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oPemkab Tanjabbar setiap tahunya. 

“Festival kali ini diikuti 10 peserta. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Pawai takbir ini kita dapat meningkatkan Hablumminallah dan Habluminannas. Kami juga sudah menyediakan uang binaan bagi peserta pemenang sebesar 31 juta. Untuk juara 1 sebesar Rp10 juta, juara 2 sebesar Rp8 juta, juara 3 sebesar Rp6 juta, Harapan 1 sebear Rp4 juta, harapan 2 sebesar Rp2 juta Harapan 3 mendapatkan Rp1 juta. Jadi totalnya 30 juta kita siapkan," ungkapnya.

"Pada kesempatan ini kita terus mengumandangkan takbir dan tahmid. Saya juga  berharap, pawai takbiran Idul adha mampu menumbuhkan nilai-nilai ukhuwah islamiah dan berjalan tertib," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto