Gubernur Jambi Buka Gebyar Hardiknas 2019

Gubernur Jambi Buka Gebyar Hardiknas 2019
Gubernur Jambi Buka Gebyar Hardiknas 2019

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi merayakan Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan, Kamis (25/4/2019).

Acara itu bertempat di pelataran parkir Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Jambi, Drs H Fachrori Umar.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ir Dadang Sudiarto, Kepala LPMP Jambi, Dr Abdul Kamil Marisi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heriyanto serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengapresiasi dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan Gebyar Hardiknas 2019 di Provinsi Jambi. Menurutnya, kegiatan yang diisi dengan pameran serta bazar itu mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan serta menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan.

"Saat ini Provinsi Jambi telah memasuki revolusi era 4.0," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam Undang-Undang sistem pendidikan nasional Tahun 2003 disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sedangkan, kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Disinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan.

"Saya berpesan kepada seluruh insan pendidikan di Provinsi Jambi, teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha memperkuat pendidikan serta memajukan kebudayaan. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat," katanya.

Ditambahkannya, dengan adanya Pameran dan Bazar dalam rangka Peringatan Hardiknas ini, tidak hanya menjadi wadah peringatan saja, tetapi menjadikan peringatan itu memiliki arti yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan. 

"Semoga momen ini tidak hanya perayaan semata, tetapi memiliki arti yang luar biasa untuk pengabdian kita, sehingga kualitas pendidikan dan kebudayaan dapat dirasakan di seluruh pelosok negeri Jambi," ucapnya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh insan tenaga pendidik maupun organisasi perangkat daerah (OPD) agar dapat bersinergi antar bidang, mulai dari sekolah hingga pegawai di Dinas Pendidikan dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan.

Terlebih untuk bisa mewujudkan Jambi yang lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera di segala bidang. (Wan/ADV)