Libatkan Asesor, 76 Balon Kades di 11 Desa Ikuti Tes Seleksi Tambahan

Libatkan Asesor, 76 Balon Kades di 11 Desa Ikuti Tes Seleksi Tambahan
Libatkan asesor tes tambahan calon Kades di Muarojambi. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI -  Sebanyak 76 orang bakal calon kepala desa (Balon Kades) dari 11 desa ikuti tes seleksi tambahan. Tes tambahan ini dilaksanakan karena jumlah balon kades di 11 desa tersebut melebihi kuota maksimal yakni 5 calon. 

"Iya untuk sebelas desa ini diadakan tes seleksi tambahan untuk dilakukan penjaringan hingga menyisakan lima calon," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muarojambi Raden Najmi Jum'at (20/9/19).

Dijelaskan Kadis PMD, tes seleksi tambahan ini dilaksanakan di kantor Diklat BKD Muarojambi Kamis (20/9/19). Dalam prosesnya, PMD melibatkan tiga orang asesor, satu orang pengawas dan satu orang penguji dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jambi.

"Agar kredibilitas dan netralitasnya terjaga, kita libatkan tim asesor dari BPSDM," kata dia.

Dalam pelaksanaan tes tambahan ini, Dinas PMD hanya sebatas fasilitator. Kewenangan penilaian dan keputusan kelulusan berada di tangan panitia pilkades tingkat desa. 

Ada dua kriteria penilaian yang dilakukan dalam tes ini. Pertama penilaian berdasarkan pengalaman bekerja di pemerintahan, usia, pendidikan terakhir dan pengalaman bekerja di lembaga kemasyaratan desa.

"50 persen penilaian dari sini, sedangkan 50 persen lagi penilaian lewat tes tertulis," ulas Najmi.

Dalam penilaian tes tertulis, setiap balon kades diberikan 100 soal ujian. Selanjutnya, hasil tes ini diranking dari ranking satu sampai ranking lima. Yang mendapat ranngking di atas lima maka dinyatakan tidak lulus seleksi dan gagal menjadi calon kades. 

"Setelah melewati tes baru diranking. Yang ranking enam dan seterusnya dinyatakan tidak lulus karena sesuai aturan batas maksimal calon kades adalah lima calon," cetus Najmi.

Adapun sebelas desa yang balon kadesnya lebih dari lima adalah Desa Senaung, Desa Muhajiri, Desa Mendalo Indah, Kecamatan Jaluko. Selanjutnya Desa Betung dan Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh, Desa Tanjungpauh KM 32 Kecamatan Mestong dan Desa Pudak, Desa Kotakarang, Desa Kasang Lopak Alai dan Desa Kasang Kumpeh, Kecamatan Kumpeh Ulu. Menariknya, tes tambahan di Desa Kotakarang memiliki terjadi seri. 

"Ranking limanya ada dua orang karena nilainya sama yakni Wagiman dan Abdul Ghafur. Akhirnya dilakukan tes lanjutan untuk dua balon kades ini hingga ada satu yang tersisih," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Romi