Masih Membandel, Puluhan Truk Kelebihan Tonase Ditilang Polisi

Satlantas Polres Muarojambi melakukan razia di timbangan UPPKB Jalan Merlung-Jambi tepatnya di KM 38 Desa Bukitbaling Kecamatan Sekernan.

Masih Membandel, Puluhan Truk Kelebihan Tonase Ditilang Polisi
Pemeriksaan Kendaraan di Jembatan Timbang (ist)

BRITO. ID, BERITA MUAROJAMBI - Satlantas Polres Muarojambi melakukan razia di timbangan UPPKB Jalan Merlung-Jambi tepatnya di KM 38 Desa Bukitbaling Kecamatan Sekernan. 

Sudah dua hari giat tersebut dilaksanakan, sejak 2-3 Desember yang lalu. Sasarannya adalah kendaraan angkutan yang melebihi tonase yang telah ditentukan. 

Selama 2 hari tersebut, puluhan kendaraan ditilang lantaran melebihi tonase. Selain itu, ada juga yang disuruh putar balik. 

"Di hari pertama ada 22 surat tilang yang kita keluarkan, dan di hari kedua ada 19 jadi total ada 41 tilang yang kita berikan kepada kendaraan yang melebihi kapasitas tonase sesuai aturan yang kita berlakukan sanksi tilang," kata Kasat Lantas Polres Muarojambi AKP Nafrizal Minggu (5/12/21). 

Razia ini, kata Kasat menyasar angkutan barang yang melebihi ketentuan muatan, sebagaimana diatur dalam Pasal 307 UU RI No. 22 Tahun 2009 Tentang UULAJ dan kelengkapan Surat Kendaraan maupun SIM sebagaimana Pasal 288 ayat (3) UU RI No. 22 Tahun 2009 Ttg UULAJ. 

"Ada juga yang kita perintahkan putar balik karena melebihi muatan. Yang kita tilang itu beragam, ada SIM, KIR dan juga STNK," kata Kasat.

Razia tersebut juga dilakukan sebagai salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jalan lainnya.

"Untuk keselamatan dan kenyamanan di jalan juga," kata Kasat.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi