Mensos Tersangka Kasus Bansos Covid-19, Jokowi: Saya Tidak Melindungi Siapapun Terlibat Korupsi!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menghormati proses hukum terkait soal kasus dugaan korupsi yang melibatkan Menteri Sosial Juliari Batubara. Terlebih kasus pengadaan paket bantuan sosial atau bansos untuk rakyat terdampak Covid-19.

Mensos Tersangka Kasus Bansos Covid-19, Jokowi: Saya Tidak Melindungi Siapapun Terlibat Korupsi!
Jokowi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menghormati proses hukum terkait soal kasus dugaan korupsi yang melibatkan Menteri Sosial Juliari Batubara. Terlebih kasus pengadaan paket bantuan sosial atau bansos untuk rakyat terdampak Covid-19.

Jokowi sejak awal telah mengingatkan kepada jajaran menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju untuk tidak melakukan tindakan korupsi.

"Semenjak dari awal, saya mengingatkan para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi," tegas Jokowi dalam laman resmi Twitternya, Minggu (6/12).

"Karena itulah, terkait penetapan Menteri Sosial sebagai tersangka oleh KPK, saya menghormati proses hukum yang tengah berjalan. Saya tidak akan melindungi siapapun yang terlibat korupsi," timpalnya lagi.

Jokowi mengingatkan seorang pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD.

"Pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi ini. Saya percaya KPK bekerja secara transparan, terbuka, dan profesional," 

KPK telah menetapkan Mensos Juliari Batubara sebagai tersangka dugaan kasus suap terkait bantuan sosial (bansos) virus Corona (COVID-19). Juliari menyerahkan diri ke KPK dini hari ini.

Pantauan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/2020), Juliari Batubara tiba sekitar pukul 02.50 WIB. Dia berjalan ke pintu masuk Gedung KPK.

Juliari Batubara didampingi oleh sejumlah orang. Juliari tampak menggunakan baju berwarna hitam, masker hitam dan mengenakan topi. (Red/Ari)