PAD Kota Jambi Rp113 Miliar, Kaban BPPRD: Biasanya Bayar Pajak Mendekati Jatuh Tempo

PAD Kota Jambi Rp113 Miliar, Kaban BPPRD: Biasanya Bayar Pajak Mendekati Jatuh Tempo

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi sudah mencatat realisasi PAD dari 11 jenis pajak dan retribusi daerah sudah mencapai 50 persen. Jumlah ini sudah diangka Rp 113 miliar. Sedangkan untuk target secara keseluruhan pada 2019 adalah sebesar Rp 223 miliar.

 

Disampaikan Subhi, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi bahwa pada semester pertama, realisasi pajak dan retribusi daerah mencapai Rp113 Miliar. Target yang ditetapkan pada semester pertama adalah sebesar Rp115 Miliar.

 

“Untuk semester pertama inikan sudah hampir habis. Namun kita yakin bisa mencapai target. Bahkan hingga akhir Desember nanti kita yakin bisa melebihi target yang telah ditentukan sebesar Rp 223 miliar,”terangnya.

 

Dikatakan Subhi bahwa sebagian besar PAD disumbangkan dari pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan dan parkir. Rata rata, untuk setiap jenis pajak, pencapaian sudah diangka 60 persen.

 

“Untuk kendalanya terutama di pajak hiburan inikan kita baru selesai melewati bulan puasa. Dimana ada beberapa tempat hiburan yang tutup sesuai intsrtuksi Walikota. Sehingga terjadi sedikit penurunan PAD di pajak hiburan. Namun tidak signifikan karena yang tutup adalah hiburan malam. Sehingga realisasi sudah diatas 50 persen,”terangnya.

 

Sementara itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) realiasinya masih sangat kecil. Yakni baru mencapai 20 persen.

 

Hal ini dikarenakan jatuh tempo pembayaran PBB di 30 September. Sehingga saat ini belum banyak warga yang membayar PBB. “Biasanya grafik perbandingan itu akan mulai naik di Agustus. Karena masyarakat lebih banyak membayar PBB pada bulan itu atau mendekati jatuh tempo,” terangnya. (RED)

 

Reporter : Dewi Anita