Pemkab Sarolangun Anggarkan Rp8,8 Miliar Beli Mobil Dinas Pejabat

Pemkab Sarolangun Anggarkan Rp8,8 Miliar Beli Mobil Dinas Pejabat

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menganggarkan 21 unit mobil dinas baru dengan menelan anggaran senilai Rp8,804.000.000 miliar rupiah dari APBD Sarolangun.

Mobil dinas tersebut selain diperuntukkan di sekretariat daerah Pemkab Sarolangun dan Sekretariat DPRD, juga tersebar di beberapa instansi hingga ke kecamatan di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Kabag Umum Setda Sarolangun, Senin (20/05) mengatakan bahwa di Setda Sarolangun setidaknya ada 8 unit mobil dinas baru yang sebagian sudah dilakukan serah terima.

"Mobil dinas bagi wakil bupati, asisten, Kabag ULP dan dua unit bagi kecamatatan. Sudah semuanya, tinggal satu lagi mobil dinas pak Wabup," katanya.

Sementara Peltu Kepala Bappeda Dedi Hendri mengakui tahun 2019 Pemkab Srolangun menganggarkan puluhan kendaraan dinas untuk menunjang kinerja OPD kedepannya.

"Kita harap dengan adanya mobil dinas yang baru ini, tentu kita mengharapkan dapat meningkatkan kinerja. Karena selama ini ada keluhan terkendala kendaraan dinas sering macet, seperti mobil dinas Camat Singkut setiap kali rapat, sebentar pak lagi mogok di Pelawan," katanya.

Kata dedi, setiap priode para pimpinan DPRD Sarolangun selalu dianggarkan mobil dinas yang baru. Dan tak lama lagi, akan dilakukan pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.

"Setiap periode yang baru dianggarkan mobil dinas baru. Pimpinan DPRD yang baru, kepala BPP beserta kabid anggaran, Kabag ULP dianggarkan tahun 2019 ini. Lalu kita ada menganggarkan mobil dinas, Camat Singkut, Camat Bathin VIII, kemudian juga untuk pak wabup, asisten, dan juga kita anggarkan mobil Kadis Oerpustakaan karena saat ini memakai mobil sisa DPRD tahun 2010. Lalu di Bappeda," katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh Brito.id, 21 unit mobil dinas tersebut yakni 1 unit dumptruck Dinas PKPP dengan anggaran Rp400 juta, kendaraan dinas/operasional DP3A Rp350 juta, kendaraan dinas Kominfo Rp334 juta, kendaraan dinas/operasional Dinas Koperindag Rp450 juta, kendaraan Dinas Perpustakaan Rp340 juta, kendaraan dinas double kabin Bappeda Rp450 juta, 2 unit kendaraan dinas BPKAD Rp640 juta dan kendaraan dinas Kesbangpol Rp450 juta.

Lalu kendaraan dinas di sekretariat Kantor Bupati diantaranya mobil dinas Wabup Rp600 juta. 3 unit mobil dinas Asisten Rp1,35 miliar, Kendaraan dinas Camat Bathin VIII dan Camat Singkut Rp500 juta, dan Mobil dinas Kabag ULP Rp270 juta.

Sementara kendaraan dinas bagi Sekretariat DPRD Sarolangun diantaranya kendaraan dinas/operasional satu unit mobil pickup Rp270 juta, mobil dinas bagi 3 pimpinan DPRD Rp1,8 miliar, Jika ditotalkan menelan anggaran lebih kurang Rp Rp8,804.000.000 miliar. (red)

Reporter: Arfandi S