Dana Desa di Batanghari Jadi Rp98,51 Miliar, Begini Proses Penyalurannya..

Dana Desa di Batanghari Jadi Rp98,51 Miliar, Begini Proses Penyalurannya..

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, akan menyalurkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 ke-110 desa di daerah itu dalam dua tahap.

"Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang tengah dirancang, DD tersebut akan disalurkan dalam dua tahap pada tahun ini,"kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Batanghari, M Azan, Rabu (16/1).

Tahapan penyaluran DD dari rekening kas umum negara ke rekening kas umum daerah tahun 2019 ini berbeda dengan yang telah dilakukan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun sebelumnya, DD tersebut disalurkan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama disalurkan sebesar 40 persen dari seluruh jumlah penerimaan DD setiap desa. Tahap kedua juga disalurkan sebesar 40 persen dan kemudian tahap ketiga disalurkan sebesar 20 persen.

Namun tahun 2019 ini, anggaran DD tersebut akan disalurkan dalam dua tahap. Tahap pertama disalurkan sebesar 50 persen dari seluruh jumlah DD yang akan diterima setiap desa dan 50 persen sisanya disalurkan pada tahap ke dua.

M Azan juga menjelaskan, Perbup tersebut masih dalam rancangan sehingga ada berkemungkinan mengalami perubahan dan rancangan Perbup tersebut disusun berdasarkan draf peraturan yang lebih tinggi yang telah diterima seperti draf Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) dan Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Harapannya peraturan-peraturan yang lebih tinggi tersebut seperti PMK dan yang lainnya tidak berbeda dengan draf yang telah kita terima sehingga Perbup yang dirancang tersebut tidak lagi mengalami perubahan. Sementara itu terkait kegunaannya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni 70 persen dari DD tersebut digunakan untuk infrastruktur dan 30 persen digunakan pemberdayaan.

Untuk jumlah DD yang akan diterima oleh daerah itu pada tahun ini alami penambahan dari tahun sebelumnya sekitar Rp8,6 miliar. Sehingga jumlah DD yang diterima daerah itu menjadi Rp98,51 miliar. Begitu pula dengan Alokasi Dana Desa (ADD), ditahun 2019 ini ADD juga alami penambahan sebesar Rp1,8 miliar, sehingga jumlah ADD yang akan disalurkan ke-110 desa tersebut berjumlah Rp100,42 miliar.

Secara komulatif aloksi ADD tersebut tetap lebih dari 10 persen dari jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Batanghari tahun 2019," kata M Azan. (red)