Ekonomi Global Melambat, Pertumbuhan Ekonomi Jambi Ditopang Usaha Pertanian dan Pertambangan

Ekonomi Global Melambat, Pertumbuhan Ekonomi Jambi Ditopang Usaha Pertanian dan Pertambangan

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi saat ini ditopang oleh dari dua sektor yakni lapangan usaha pertanian dan pertambangan.

 

Hal ini dijelaskan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Fadhil Nugroho Kamis (13/6/2019) bahwa masing-masing sektor itu sendiri memiliki dasar kekuatan sendiri. Seperti pertumbuhan lapangan usaha pertanian akan didorong menguatnya permintaan komoditas kelapa sawit untuk kebutuhan biofuel.

 

Sedangkan, kinerja lapangan usaha pertambangan terutama ditopang oleh masih kuatnya permintaan minyak dunia ditengah keterbatasan pasokan akibat pemangkasan produksi oleh negara OPEC.

 

"Namun, pertumbuhan ekonomi global yang semakin melambat disertai ketegangan perdagangan yang kembali meningkat dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi lebih rendah dari perkiraan," jelasnya.

 

Selain itu, Ia menambahkan RUU energi yang telah diperharui oleh Komisi Uni Eropa, juga berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi terutama pada sektor pertanian.

 

Untuk diketahuiBank Indonesia Provinsi Jambi memprediksi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada Triwulan III-2019 diperkirakan berkisar 4,66 – 5,06 persen (yoy). (red)

 

Reporter : Deni S