Kontra Kenya, Aljazair Menang Meyakinkan 2-0

Kontra Kenya, Aljazair Menang Meyakinkan 2-0

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Tim nasional Aljazair meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 kontra Kenya dalam laga penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Senin pagi (24/6) WIB.

Bintang Manchester City sekaligus kapten Aljazair, Riyad Mahrez, mencetak gol untuk melengkapi eksekusi penalti Baghdad Bounedjah, demikian catatan laman resmi turnamen.

Raihan tiga poin dan surplus dua gol membuat Aljazair berbagi posisi puncak Grup C bersama Senegal, sedangkan Kenya berebut tempat juru kunci klasemen dengan Tanzania.

Sejak sepak mula, Aljazair mengambil inisiatif serangan dan Bounedjah hampir membuka keunggulan pada menit pertama saat ia berusaha menyelesaikan umpan terobosan kiriman Ramy Bensebaini, namun tembakannya dari sudut sempit melenceng tipis dari sasaran.

Tendangan tepat sasaran pertama baru lahir pada menit ke-25 ketika sayap Aljazair Youcef Belaili melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa diamankan kiper Patrick Matasi.

Aljazair terus melancarkan tekanan hingga Youcef Atal merangsek ke dalam kotak penalti dan dijatuhkan oleh Dennis Odhiambo, sehingga wasit Mahamadou Keita segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Bounedjah yang menjadi algojo dan sukses menaklukkan Matasi demi membawa Aljazair unggul 1-0 pada menit ke-34.

Dua menit jelang turun minum, Ismail Bennacer mengirimkan umpan yang berhasil disambut oleh Mahrez untuk menggandakan keunggulan Aljazair.

Kenya hampir memperkecil ketertinggalan pada pengujung babak pertama, namun sambaran Eric Omondi menyusul situasi sepak pojok masih melenceng tipis dari gawang.

Di tengah penguasaan permainan Aljazair, Kenya kembali memperoleh peluang pada menit ke-75 namun tembakan Michael Olunga dari tengah kotak penalti berhasil dihalau barisan pertahanan Aljazair.

Sebaliknya, Mahrez hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-82 jika saja tembakannya yang menyusur ke sudut kiri bawah gawang tak mampu diantisipasi Matasi. (RED)

Susunan pemain:

Aljazair (4-1-4-1): Rais M'Bolhi; Youcef Atal, Aissa Mandi, Djamel Benlamri, Ramy Bensebaini; Adlene Guedioura (Mehdi Abeid); Riyad Mahrez, Sofiane Feghouli, Ismael Bennacer, Youcef Belaili (Yacine Brahimi); Baghdad Bounedjah (Andy Delort)
Pelatih: Djamel Belmadi

Kenya (4-2-3-1): Patrick Matasi; Philemon Otieno, Joseph Okumu, Musa Mohammed, Omar Khamis; Victor Wanyama, Dennis Odhiambo (Ismael Athuman); Eric Omondi (Johanna Omolo), Francis Kahata (Erick Ouma), Ayub Masika; Michael Olunga
Pelatih: Sebastien Migne