Pemkab Muarojambi Terima Bantuan LPJU dari Pemprov DKI Jakarta, Namun Belum Dipasang, Kenapa?

Pemkab Muarojambi mendapat hibah 3.300 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) dari Pemrov DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebagian sudah diterima oleh Pemkab Muarojambi.

Pemkab Muarojambi Terima Bantuan LPJU dari Pemprov DKI Jakarta, Namun Belum Dipasang, Kenapa?
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pemkab Muarojambi mendapat hibah 3.300 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) dari Pemrov DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebagian sudah diterima oleh Pemkab Muarojambi. 

Namun sayangnya, Pemkab Muarojambi belum bisa memasang ribuan unit LPJU tersebut secara keseluruhan lantaran masih menunggu proses pengajuan anggaran untuk pengadaan komponen pendukung LPJU tersebut.

"Belum ada pemasangan, karena kita masih menunggu anggaran untuk pembelian komponen pendukungnya seperti kabel, tonggak serta kWh-nya, karena hibah LPJU tersebut kita hanya mendapatkan lampunya saja," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muarojambi Safrinal belum lama ini. 

Ia juga memperkirakan, setelah anggaran komponennya keluar, LPJU itu akan dibagikan berdasarkan usulan dari pemerintah desa. Secara keseluruhan, pada tahun anggaran 2021 sepertinya belum bisa terpasang, hanya sebagian saja yang rencananya akan dipasang pada bulan Agustus ini. 

"Iya usulan dari pemerintah desa sudah banyak yang masuk, LPJU ini akan kita bagikan berdasarkan urgensi dan kebutuhan masing-masing desa,"ungkapnya.

Dengan anggaran komponen yang mereka usulkan tidak begitu banyak dan tidak bisa mencukupi 3.300 unit dan diperkirakan sekitar 400-an. Terhadap LPJU tersebut juga telah disortir, mana yang bisa mana yang tidak bisa sudah disisihkan. 

"Dari LPJU yang sudah datang disortir, yang rusak sekitar 150 unit. Kerusakannya  bermacam-macam, ada bola lampu yang putus, pecah namun kondisinya masih bagus sekitar 80 persen, " kata Safrinal. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi