Pemkab Sarolangun Terkesan Cuek, Longsor di Bukit Bulan Belum juga Diatasi

Pemkab Sarolangun Terkesan Cuek, Longsor di Bukit Bulan Belum juga Diatasi

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Longsor yang terjadi di wilayah Limun Atas Bukit Bulan beberapa hari lalu sampai saat ini belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Kondisi di tiga titik longsor saat ini masih menutupi jalan.

Bujang, warga Bukit Bulan mengaku jalan yang sempat tertutup oleh longsor beberapa waktu lalu hingga saat ini belum 100 persen bisa dilewati oleh warga setempat. "Kemarin ada alat berat masuk. Tapi lihat kondisi jalan yang tidak memungkinkan terpaksa putar arah," kata Bujang warga Bukit Bulan, ketika dikonfirmasi Brito.id Senin (25/02).

Menurutnya ada 3 titik daerah yang dihantam longsor, yaitu di atas Lubuk Ikan wilayah Desa Tamalang dan desa lainnya belum 100 persen bisa dilewati oleh warga. Demi lancarnya aktifitas, masyarakat rela bergotong-royong membuka jalan.

"Agar bisa lewat warga gotong-royong untuk buka jalan. Apalah kekuatan manusia," katanya.

Bujang mengatakan warga sekarang ini takut longsor akan kembali lagi. Karena kondisi hujan kerap mengguyur daerahnya.

"Kondisi saat ini belum bersahabat. Kalau hujan dikit, jalan akan tertutup karena gunung (bukit) longsor masih di atas punggung jalan," kata Bujang.

"Kita takut motor dan mobil masuk dalam jurang, karena bisa dilewati tapi jaraknya tipis di pinggir jurang." "tambahnya.

Dia berharap pemerintah harus serius menggatasi longsor di wilayah Bukit Bulan dan sekitarnya dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Camat limun Suaidi ketika dikonfirmasi mengakui alat berat berupa greder belum sampai ke TKP. "Nanti saya konfirmasi lagi dan menanyakan kepastiannya," katanya dia.

"Yang jelas kalau tidak disingkirkan tanah-tanah, akan longsor lagi," ujarnya. (red)

Reporter: Arfandi Sarbaini