Enam Hotel dan Resto Raih Sertifikat Bintang 3

Enam Hotel dan Resto Raih Sertifikat Bintang 3
Penyerahan sertifikat usaha pariwisata bidang Hotel. (Dewi/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Terkait penetuan dan penilaian Mutu Kualitas dan ekstensi perhotelan di Jambi, Perhimpunan Himpunan Hotel dan Resto (PHRI) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyerahkan sertifikat Usaha Pariwisata Bidang Hotel, di Wiltop Hotel, Selasa sore (20/8/19).

Adapun 6 hotel yang diserahkan sertifikat, dengan kapasitas masing-masing bintang 3. Diantaranya yakni Grand Hotel, Luminor Hotel, Wiltop Hotel, Ratu Hotel dan Resto, Shang Ratu Hotel, dan V Hotel.

Dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Jambi, Yudhi Gani bahwa penyerahan sertifikat kepada 6 hotel tersebut, sudah melewati beberapa tahap penilaian dari tim.

“Enam hotel ini sudah mengikuti semua pelatihan, dan melewati penilaian dari tim kami PHRI, hingga akhirnya mendapatkan sertifikat ini,” kata Yudhi.

Dalam hal ini, ada 3 poin penting penilaian, diantaranya yakni Produk (isi), Pengelolaan (bagaimana pengelolaannya), dan Pengembangan (bagaimana management nya mengelola).

Dirinya menambahkan dengan adanya sertifikasi bintang ini, nanti bisa menjadi syarat hotel melaksanakan event di pasar.

“Artinya untuk syarat admistrasi itu adalah yang paling utama,” ujarnya.

Jadi setiap tahun akan ada penilaian ulang, terkait sertifikat bintang 3 ini.

Selain itu, dalam proses penilaian ini juga akan diminta serikat dari karyawannya, sehingga hotel yang memiliki sertifikasi bintang 3, itu memang berkompeten.

“Hotel yang sudah memiliki bintang 3 ini, karyawannya memang sudah berkompeten," imbuhnya.

Sementara itu, mewakili Hotel yang menerima sertifikat bintang, Dhani Haru Prayudi dari Wiltop Hotel menyampaikan ucapan terimakasih. Terutama pihak PHRI yang memang diakuinya sangat aktif dalam mengurus perhotelan yang ada di Jambi.

“Kami juga bertimakasih atas waktu dan bimbingannya, yang diluangkan untuk kami dalam proses memperoleh gratifikasi bintang,” ujarnya.

Selanjutnya, dengan perolehan sertifikasi bintang 3 ini, kedepannya akan menjadi PR bagi mereka selaku pihak hotel, dalam pelayanan yang lebih baik lagi.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia atas sertifikasi bintang yang kami peroleh ini,” tandasnya. (RED)

Reporter: Dewi Anita