Ini Dia 10 Desa di Sarolangun Belum Juga Ajukan Pencairan DD Tahap I

Ini Dia 10 Desa di Sarolangun Belum Juga Ajukan Pencairan DD Tahap I

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Hingga kini ada 10 Desa di Kabupaten Sarolangun, belum mengajukan pencairan dana desa tahap I tahun 2019. Sedangkan 139 Desa sudah melakukan pencairan dana desa itu.

 

Ini dia 10 desa yang belum melakukan pencairan tahap I Dana Desa, yakni Desa Pulau Aro, Ladang Panjang , Taman Dewa, Pasar Pelwan, Batu Putih, Desa Baru, Desa Pelawan, Tanjung, Temengung dan Suka Jadi .

 

Dana Desa Tahap 1 dilakukan pencairan sebanyak 20 persen, senilai Rp 25.741.968.600. Sementara total anggaran dana desa tahun 2019 di Kabupaten Sarolangun sebesar Rp 128.709.843.000.

 

Kepala Dinas PMD Mulyadi mengatakan desa yang belum mengajukan pencairan dana desa tahap I tersebut disebabkan karena adanya kendala yang dihadapi oleh desa, salah satunya habisnya masa jabatan kepala desa.

 

"Kendala pertama baru di tunjuk pjs-nya, habis masa jabatan belum ditunjuk pjs, sehingga kades yang lama agak riskan mengajukan pencairan. Sehingga belum mengajukan kita," katanya(3/5/2019)

 

Maka diharapkan setelah adanya sosialisasi para kepala desa bisa mengetahui dan menambah wawasan mengenai juknis tersebut sehingga kedepan tidak lagi terlambat dalam pengajuan pencairan dana desa.

 

"Pada intinya kita menerbitkan ini, lalu kita sosialisasikan, kita harap kades benar benar pedomani juknis yang ada. Sehingga terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan di masa yang akan datang. Pedoman ini juga sejajar antara hak dan kewajiban kepala desa ada di situ. Pada intinya ikuti aturan yang berlaku, insya Allah aman," katanya.

 

Dalam pengajuan pencairan dana desa tahap I ini, pemerintah desa juga harus melengkapi beberapa persyaratan mutlak dan persyaratan administrasi. Kelengkapan persyaratan mutlak, terdiri dari Perdes APBDES, RKPDES, RAB, SPP, dan dimasukkan menggunakan pengelolaan aplikasi siskeudes.

 

Sementara kelengkapan administrasi berupa KTP Kepala Desa dan Bendahara desa, Poto kegiatan fisik nol persen, berita acara penentuan priroitas penggunaan dana desa, surat peryataan komitmen kepala desa untuk penggunaan dana desa, surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan pekerjaan, poto copy rekening dan NPWP desa. (red)

 

Reporter Arfandi S