Ini Dia 4 Tuntutan BEM Seluruh Indonesia

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek-Banten akan menggelar unjuk rasa atau demo, Jumat 16 Oktober 2020,  di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Ini Dia 4 Tuntutan BEM Seluruh Indonesia
BEM seluruh Indonesia (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek-Banten akan menggelar unjuk rasa atau demo, Jumat 16 Oktober 2020,  di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Koordinator Wilayah BEM Se Jabodetabek-Banten Aliansi BEM Seluruh Indonesia Bagas Maropindra mengatakan, aksi akan dimulai pukul 13.00 WIB.
 
"Aksi ini merupakan aksi damai dan lepas dari semua tindakan anarkis sebagai perwujudan gerakan intelektual dan moral mahasiswa Indonesia," kata Bagas dalam keterangannya, Kamis (15/10) kemarin.


Tuntutan dalam aksi unjuk rasa hari ini masih sama seperti aksi sebelumnya, yakni menolak UU Cipta Kerja.

Setidaknya, terdapat tiga tuntutan utama para mahasiswa tersebut berunjuk rasa.

"Pertama, nendesak Presiden untuk mengeluarkan PERPPU demi mencabut UU Cipta Kerja yang telah disahkan pada Senin, 5 Oktober 2020," ujar Bagas.


"Mengecam tindakan pemerintah yang berusaha mengintervensi gerakan dan suara rakyat atas penolakan terhadap UU Cipta Kerja," sambung Bagas.

Sementara tuntutan yang ketiga ialah para mahasiswa tersebut mengecam berbagai tindakan represif aparatur negara terhadap seluruh massa aksi.

"Belum lagi berbagai tindakan represif dari aparat kepolisian pada massa aksi yang menolak UU Cipta Kerja serta berbagai upaya penyadapan terhadap para aktivis dan akademisi yang menolak UU Cipta Kerja," ujar Bagas.

Sumber: JPNN
Editor: Ari