Mabes Polri Kantongi Nama Investor Perambahan Hutan di Jambi

Mabes Polri Kantongi Nama Investor Perambahan Hutan di Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Tim Subdit III Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Bareskrim Mabes Polri mengantongi nama aktor intelektual ribuan kubik kayu ilegal yang ditemukan di Banyu Asin.

Berdasarkan informasi, selain MS yang merupakan warga Sumatera Selatan ternyata masih ada RL yang merupakan aktor lain di balik maraknya perambahan Hutan Produksi (HP).

Kasubdit III Tipidter Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Irsan Kamis (16/5/2019) mengatakan saat ini pihaknya telah berhasil mengantongi nama aktor intelektual alias penyokong dana terhadap pemabalakan liar.

Pihaknya tidak hanya mengantongi nama saja. Akan tetapi telah memiliki alat bukti yang cukup untuk meringkus RL dan MS.

"Mereka ini merupakan pemain besar. Dan aksinya Ilegal Loging yang dilakukannya telah terstruktur," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan penyitaan terhadap barang bukti untuk melengkapi berkas perkara guna menjalani persidangan.

"Kita sudah temukan lokasi pelaku. Dan saat ini tim tengah mengejar untuk dilakukan penangkapan," katanya.

Selama tiga tahun terakhir, pelaku ini telah berhasil merambah hutan di kawasan PT Pesona dan PT PDI sebanyak 13.000 hingga 14.000 hektare.

Sementara itu, untuk temuan kayu hasil ilegal logging ini, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup guna proses lebih lanjut. (red)

Reporter: Deni S