Dites Urine Mendadak, Dua ASN Muarojambi Positif

Dites Urine Mendadak, Dua ASN Muarojambi Positif

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah (Setda) Muarojambi Senin (17/6/29) dites urine secara mendadak dan dilakukan sejak pukul 08.00 hingga 11.20 WIB. Tes urine dilakukan BNNK Muarojambi.

 

Dari pantauan BRITO.ID di lokasi, berdasarkan daftar absensi apel pagi secara manual ada 225 ASN yang hadir. Sementara berdasarkan daftar tes urine ada 120 orang ASN yang dites urine. Dari jumlah tersebut, beberapa orang ASN yang diduga urinenya positif diminta untuk melakukan dua kali tes. Hasilnya dua orang pegawai tersebut positif. Sementara delapan orang lainnya sempat tidak menyerahkan hasil tes urine mereka. Setelah dipanggil melalui pimpinan masing-masing akhirnya semuanya menyerahkan hasil tes urine mereka. 

 

Dari informasi yang didapat, dua ASN tersebut adalah Y dan IC. Nama terakhir disebut adalah salah satu staf di Bagian Hukum Setda Muarojambi. Dikonfirmasi IC mengaku memang sempat dua kali melakukan tes urine.

 

"Iya pertama hasilnya positif terus diminta untuk dites sekali lagi," kata IC kepada BRITO.ID.

 

IC menjelaskan kalau sebelum dites urine, kondisi badannya memang tengah sakit. "Badan saya memang gatal-gatal dan saya minum obat untuk menghilangkan gatal. Kalau hasilnya memang positif tapi saya tidak tahu positifnya apa," papar dia.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno menyebut tes urine mendadak ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap para ASN di lingkup Pemkab Muarojambi.

 

"Ini komitmen awal kita untuk melakukan pencegahan dan juga untuk mempersiapkan SDM kita terutama dari internal Pemda agar tidak terimbas penyalahgunaan Narkoba," kata BBS. (RED)

 

Kontributor : Romi R