Siapkan 2.240 Tabung Gas, Pertamina Operasi Pasar di Empat Kecamatan Ini Sabtu Besok

Siapkan 2.240 Tabung Gas, Pertamina Operasi Pasar di Empat Kecamatan Ini Sabtu Besok
Aditia Warman. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Potensi kelangkaan Elpiji 3kg jelang Lebaran Idul Adha sudah diantisipasi oleh Pemkab Muaro Jambi. 

Pemkab sudah melakukan langkah antisipatif dengan menyurati pihak Pertamina agar menggelar operasi pasar. Pihak Pertamina pun sudah menyetujui usulan ini.

"Sudah kita surati dan Alhamdulillah Pertamina setuju untuk melakukan operasi pasar," kata Kabag Ekonomi Setda Muaro Jambi, Aditia Warman, Jum'at (9/8/19)

Aditia mengatakan, berdasarkan informasi dari Pertamina, operasi pasar direncanakan akan dilakukan di empat Kecamatan. Sasarannya adalah Kecamatan Kumpeh Ulu, Kumpeh Ilir, Mestong dan Sungaigelam. 

"Pelaksanaanya direncanakan hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019 besok. Operasi pasar dilaksanakan di empat kecamatan," ujarnya

Aditia menyebut, jumlah tabung gas elpiji 3 Kg yang disiapkan untuk operasi pasar ini sebanyak 2.240 tabung. Tiap kecamatan akan mendapat alokasi 560 tabung gas.Tabung gas itu nantinya akan diangkut empat unit armada menuju kecamatan sasaran. 

"Harganya sesuai HET Rp18 ribu per tabung," katanya

Aditia menjelaskan, operasi pasar ini bertujuan untuk mengantisipasi tingginya permintaan gas elpiji pada perayaan lebaran haji. Sebab, sudah lumrah terjadi adanya peningkatan permintaan di hari besar agama muslim tersebut. 

"Distribusi gas elpiji ke pangkalan sebenarnya berjalan normal, tapi perlu kita antisipasi adanya lonjakan permintaan. Salah satu cara untuk mengantisipasinya dengan melakukan operasi pasar," katanya.

Kegiatan operasi pasar ini sebenarnya diajukan untuk dilaksanakan di 11 kecamatan di Muaro Jambi. Namun, pihak Pertamina bersama empat distributor hanya mengabulkan untuk empat kecamatan. 

"Harapan kita bisa dilaksanakan di 11 kecamatan. Mungkin karena lokasi kecamatan kita yang menjadi pertimbangan mereka. Operasional untuk menjangkau itu tentu tidak sedikit," kata Aditia Warman. (RED)

Kontributor : Romi R